News

Kemajuan Umat Islam Pada Masa Khulafaur Rasyidin

×

Kemajuan Umat Islam Pada Masa Khulafaur Rasyidin

Share this article

Kemajuan Umat Islam Pada Masa Khulafaur Rasyidin – Dalam Islam, ada empat khalifah yang mengubah kehidupan umat Islam sepeninggal Nabi SAW, yaitu Abu Bakar Ash-Shiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan dan Ali bin Abbi Thalib. Keempatnya dikenal dengan sebutan Khulafaur Rasyidin.

Khulafaur Rashidin bertugas menggantikan kepemimpinan Nabi dalam urusan negara, yaitu sebagai kepala negara atau pemerintahan dan pemimpin agama.

Kemajuan Umat Islam Pada Masa Khulafaur Rasyidin

Para khalifah mencatat banyak prestasi bagi peradaban Islam pada masa pemerintahannya. Sebagai umat Islam, hendaknya kita belajar dari kemajuan yang telah dicapai Islam.

Baitulmal, Sumber Kemakmuran Di Era Kekhalifahan

Abu Bakar Ash-Siddiq adalah orang pertama yang masuk Islam atau As-Sabiqunal Awwalun. Beliau adalah sahabat Nabi yang paling setia dan dianggap saudaranya.

Ibnu Abbas berkata bahwa Nabi SAW bersabda, “Seandainya aku bisa memilih seorang khalil (nyonya) di sisi Allah, aku akan memilih Abu Bakar Ah-Siddiq, padahal dia adalah saudaraku dan sahabatku.”

Pada masa Khalifah Abu Bakar, ia berhasil membinasakan kaum murtad. Ketika Nabi wafat, banyak orang Arab yang murtad dan kemunafikan mulai menyebar.

Dengan izin Allah, Abu Bakar memerintahkan prajurit dan panglimanya untuk berperang melawan orang-orang murtad dan penguasa yang lalim. Hingga akhirnya keburukan hilang dan kebenaran kembali bersinar. Dengan cara ini, ajaran Islam semakin tersebar di Jazirah Arab.

Sejarah Peradaban Islam Pada Masa Khulafaurrasyidin

Khalifah Abu Bakar Ash-Siddiq pun memerintahkan Khalid bin Walid dan rombongan berangkat ke Irak dan Suriah. Mereka diperintahkan untuk memenangkan hati masyarakat dan mengajak mereka menerima Islam.

Kepemimpinan Abu Bakar juga memberinya jasa yang paling besar dalam pengumpulan Al-Qur’an. Yang Mulia memerintahkan Zaid bin Tsabit untuk mengumpulkan Al-Qur’an dari berbagai tempat yang ditulisnya – di kulit, daun atau dihafal oleh umat Islam.

Baca Juga  Estafet Bola Dimainkan Menggunakan

Peristiwa ini terjadi setelah banyak penghafal Al-Quran yang terbunuh dalam perang Jama’ah. Sehingga Abu Bakar khawatir semakin sedikit orang yang hafal Al-Qur’an dan akibatnya sebagian besar ayat-ayatnya hilang.

Umar bin Khattab adalah Khulafaur Rasyidin yang kedua. Pengangkatan Umar bin Khattab sebagai Khalifah sedang dalam pembahasan. Abu Bakar mengusulkan agar Umar bin Khattab menjadi penggantinya, lalu menyerahkannya kepada kaum muslimin untuk disetujui.

Pola Dakwah Pada Masa Khulafaur Rasyidin

Terpilihnya Umar bin Khattab sebagai khalifah didasari atas keprihatinan atas peristiwa Tsaqifah Bani Sa’idah, Ansar dan Muhajirin yang mengaku sebagai kelompok yang sah menjadi khalifah di saat umat Islam baru saja menumpas kaum murtad.

Umar bin Khattab meraih prestasi dalam sejarah perluasan wilayah kekuasaannya. Suriah ditaklukkan oleh tentara Islam pada tahun 636 M. Penaklukan juga dilakukan di Hamah, Qinnisrin, Laziqiyah dan Aleppo. Tak hanya itu, Baysan dan Yerusalem juga sempat terkepung selama empat bulan sebelum akhirnya menyerah.

Pada masanya, Umar bin Khattab mendirikan beberapa dewan, baitul mal, mencetak uang, membentuk tentara untuk menjaga perbatasan, menetapkan gaji, mengangkat hakim dan mengatur hisbah yaitu pengawasan pasar.

Khalifah Umar menetapkan prinsip-prinsip demokrasi dalam pemerintahannya. Ia tidak hanya mahir membuat peraturan baru tetapi juga memperbaiki dan merevisi kebijakan yang ada sesuai kebutuhan untuk kepentingan komunitas Muslim.

Sistem Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin Setelah Rasul Wafat

Utsman bin Affan memeluk Islam atas ajakan Abu Bakar dan menjadi salah satu sahabat Nabi. Ia mendapat julukan dzun nurain yang artinya orang yang mempunyai dua cahaya, karena ia mengawini dua orang putri Nabi secara berturut-turut setelah salah satunya meninggal.

Khalifah Utsman bin Affan memperkenalkan karya terbaik kepada umat Islam, yaitu pembukuan Al-Quran. Hal ini untuk menghilangkan perbedaan dalam membaca Al-Quran.

Baca Juga  Hal Yang Pertama Kali Diperhatikan Ketika Bernyanyi Adalah

Hingga akhirnya Dewan Penyelesaian Al-Quran banyak membuat mushaf Al-Quran yang dikirimkan ke berbagai daerah sebagai pedoman yang benar.

Di bawah Khalifah Utsman, perluasan wilayah Islam juga terus berlanjut. Kawasan strategis di bawah pemerintahan Islam seperti Mesir dan Irak terus dilindungi dan dikembangkan.

Melihat Sejarah Perkembangan Islam Di Tanah Betawi

Ali bin Abi Thalib masuk Islam pada usia muda. Beliau merupakan salah satu anak pertama yang memeluk Islam sehingga tergabung dalam golongan As-Sabiqunal Awwalun.

Ali adalah keponakan dan menantu Nabi Muhammad SAW. Ia adalah anak dari paman Nabi Abu Thalib bin Abdul Muthalib. Ia pun menikah dengan putri Nabi, Fatimah Az-Zahra.

Diriwayatkan dari Sa’ad bin Ibrahim bin Abdurrahman bin Auf, dari Ibrahim bin Sa’ad bin Waqqash, dari ayahnya, bahwa Rasulullah SAW berkata kepada Ali: “Apakah kamu tidak senang? Bahwa posisimu denganku mirip dengan Harun Musa?”.

Ali bin Abi Thalib terpilih menjadi khalifah menggantikan Utsman bin Affan. Ia diangkat oleh Talhah bi Ubaidillah, Zubair bin Awwam dan Sa’ad bin Abi Waqqash, yang diikuti oleh banyak orang dari kalangan Ansar dan Muhajirin.

Kisah Khulafaur Rasyidin: Abu Bakar, Umar, Ustman Dan Ali

Pada masa kekhalifahannya, Ali bin Abi Thalib mengambil kembali tanah hibah yang dibagikan Utsman bin Affan kepada kerabatnya sebagai milik negara. Dia juga memecat gubernur yang tidak disukai rakyat.

Pemeliharaan alquran pada masa khulafaur rasyidin, tarikh tasyri pada masa khulafaur rasyidin, pendidikan pada masa khulafaur rasyidin, masa pemerintahan khulafaur rasyidin, penulisan alquran pada masa khulafaur rasyidin, masa khulafaur rasyidin, sejarah khulafaur rasyidin lengkap, 4 khulafaur rasyidin, khulafaur rasyidin, foto khulafaur rasyidin, arti dari khulafaur rasyidin, sejarah khulafaur rasyidin