MadiunPendidikan

Kelulusan SMA/SMK, Sepi Konvoi dan Coret Seragam

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Kelulusan sekolah menengah atas sederajat jauh dari hura-hura. Sejak diumumkan Sabtu hingga Minggu kemarin (2-3/5), tak terlihat adanya konvoi pelajar yang biasanya memadati sejumlah ruas jalan utama di Kota Madiun.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Madiun Supardi menuturkan, sejak awal pihaknya telah meminta tiap sekolah agar mewanti pelajar kelas XII. Agar tetap menjaga diri di masa pandemi ini. Tidak perlu merayakan kelulusan dengan euforia berlebihan karena itu berpotensi menciptakan kerumunan. Pun, kebiasaan mencoret seragam sangat tidak dianjurkan di masa sulit ini. ‘’Selain mengganggu ketenteraman, konvoi kontraproduktif dengan protokol pencegahan Covid-19,’’ ujarnya.

Sabtu kemarin (2/5), kelulusan SMA/SMK diumumkan via daring. Hasil kelulusan dikirimkan langsung kepada siswa. ‘’Ada satu siswa dinyatakan tidak lulus,’’ ungkapnya.

Supardi menyebutkan, peserta didik yang tidak lulus itu disebabkan beberapa hal. Seperti rata-rata nilai yang tidak memenuhi syarat, pun jumlah kehadiran yang tidak memenuhi. ‘’Yang tidak lulus harus mengulang kelas XII. Kelulusan siswa menjadi tanggung jawab penuh pihak sekolah karena unas (ujian nasional, Red) ditiadakan tahun ini,” tuturnya.

Merujuk SE 4/2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 dari Kemendikbud, penentuan kelulusan SMA sederajat berdasarkan rekapitulasi rata-rata nilai rapor semester pertama hingga kelima ditambahkan nilai dari ujian akhir sekolah. ‘’Untuk kelulusan SMK hampir sama dengan SMA. Hanya ditambah portofolio dan nilai praktik lima semester terakhir,’’ urainya.

Nilai semester genap tahun terakhir dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan. Bagi SMK yang telanjur melaksanakan UNBK sebelum ditiadakan, nilainya sebatas dijadikan poin tambahan. ‘’Itu tidak memengaruhi kelulusan peserta didik,’’ katanya. (mg3/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close