Pacitan

Keluarga Pasien Ke-17 Pacitan Langsung Di-Swab

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Gerak cepat ditunjukkan oleh Tim Gugus Tugas Penanggulangan (TGTP) Covid-19 Pacitan dengan menggelar tracing (penelusuran) terhadap laporan baru kasus positif virus korona di Desa Purwosari, Kecamatan Kebonagung. Hingga Minggu (14/6) proses tracing masih berlangsung.

Hasil sementara, mereka sudah memeriksa belasan orang yang diduga pernah melakukan kontak fisik dengan pasien ke-17 tersebut. Setelah itu akan dilakukan swab test. ‘’Jadi, tidak kami rapid test. Langsung tes swab,’’ kata Jubir TGTP Covid-19 Pacitan Rahmad Dwiyanto.

Adapun yang di-swab tersebut meliputi anggota keluarga inti pasien dan beberapa kerabatnya. Tes serupa juga akan diberlakukan pada satu keluarga di Bandar. Sebab, salah satu dari mereka terkonfirmasi positif Covid-19 dan kini dirawat di Surabaya.

‘’Pasien tersebut tidak termasuk dalam data kami. Karena memang kasusnya (domisili) di Surabaya. Tapi, kami tetap lakukan tracing karena yang bersangkutan terkonfirmasi positif korona,’’ terang kepala diskominfo itu.

Soal kapan swab test akan dilakukan, Rahmad masih menunggu keputusan dari TGTP. Namun, dia berharap bisa dilakukan dalam waktu dekat. Dengan harapan, apabila ada yang positif bisa cepat ditangani. ‘’Saat ini untuk keluarga pasien masih berada di rumah. Mereka kami minta karantina mandiri sambil diawasi petugas kesehatan,’’ ujarnya.

Penelusuran itu dilakukan pasca diumumkannya tambahan satu kasus positif Covid-19 pada Jumat lalu (12/6) oleh Wabup Yudi Sumbogo. Pasien ke-17 itu berusia 60 tahun. Dia diketahui mempunyai riwayat perjalanan dari Jakarta.

Selain itu, yang bersangkutan sebelumnya merupakan pasien dalam pengawasan (PDP) dan telah dirawat di RSUD dr Darsono selama hampir seminggu. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button