News

Kelompok Keberagaman Masyarakat Di Indonesia Yang Paling Tepat Diantaranya

×

Kelompok Keberagaman Masyarakat Di Indonesia Yang Paling Tepat Diantaranya

Share this article

Kelompok Keberagaman Masyarakat Di Indonesia Yang Paling Tepat Diantaranya – Indonesia adalah negara yang penuh keberagaman. Lebih dari 1300 kelompok etnis hidup di Ibu Pertiwi dengan kehidupan sosial dan budayanya masing-masing. Apa tipe lainnya?

Menurut situs Direktorat Sekolah Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam (SDA) dan keanekaragaman hayati. Di Indonesia setidaknya terdapat 4 jenis perbedaan mulai dari ras, agama, suku dan anggota kelompok.

Kelompok Keberagaman Masyarakat Di Indonesia Yang Paling Tepat Diantaranya

Etnisitas, atau lebih sering disebut etnik, diartikan sebagai sekelompok atau sekelompok orang yang mempunyai nenek moyang yang sama. Kelompok ini dicirikan oleh kesamaan budaya, bahasa, agama dan perilaku.

Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli Serta Ciri & Unsur Unsurnya

Indonesia adalah negara multietnis. Setiap kelompok etnis mempunyai karakter uniknya masing-masing secara sosial dan budaya. Tercatat ada lebih dari 300 suku atau 1340 suku bangsa di Indonesia.

Sila pertama Panchasila, “Iman kepada Tuhan Yang Maha Esa” merupakan tanda bahwa Indonesia adalah negara yang beragama. Setiap warga negara berhak dan bebas menentukan agama apa yang akan dianutnya. Kebebasan beragama dijamin oleh Pasal 29 UUD 1945.

6 Kroner diakui oleh Negara Republik Indonesia (NKR). Diantaranya adalah Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Menurut Portal Informasi Indonesia, Islam menyumbang 87,2% dari total jumlah penganutnya, sedangkan Kristen Protestan menyumbang 6,9%.

Ras adalah pengklasifikasian manusia berdasarkan ciri fisik (fenotipe) dan asal geografis. Keberagaman etnis di Indonesia disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kedatangan negara asing, sejarah penyebaran ras di seluruh dunia, dan kondisi geografis Indonesia.

Contoh Keragaman Budaya Indonesia Beserta Gambar Dan Penjelasannya

Ada banyak jenis suku yang ada di Indonesia. Di antaranya ras Melayu-Mongoloid di Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan, dan Sulawesi, serta ras Melanesia di Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga  Pernyataan Yang Tidak Benar Tentang Masa Puber Adalah

Selain kedua ras di atas, ras Mongoloid Asia juga terdapat di berbagai wilayah Indonesia, seperti ras Tionghoa, Jepang, dan Korea, serta ras bule khususnya India, di Timur Tengah, Australia, Eropa, dll. dan Amerika. .

Indonesia adalah masyarakat multikultural. Diferensiasi kelompok dapat disebabkan oleh hierarki lapisan atas dan bawah yang sangat tajam, serta anggota kelompok setara dan tidak memiliki hierarki.

Kelompok atau kelompok hierarki yang terbentuk secara vertikal meliputi status sosial, pendidikan, status, dan lain-lain. Sedangkan agama, idealisme, adat istiadat dan lain-lain termasuk dalam kelompok sederajat.

Camping Keberagaman, Moderasi Beragama Dan Pemilu Damai

Heterogenitas kelompok jenis kedua ini dapat menumbuhkan munculnya etnosentrisme, yaitu perasaan bahwa anggota kelompok sendiri lebih unggul sehingga merendahkan anggota kelompok lain.

Jelaskan akibat keberagaman masyarakat indonesia, manfaat keberagaman masyarakat indonesia, meningkatkan daya tahan tubuh diantaranya yang paling tepat adalah, bentuk keberagaman masyarakat indonesia, penyebab keberagaman masyarakat indonesia, faktor penyebab keberagaman masyarakat indonesia, keberagaman masyarakat indonesia, permasalahan keberagaman masyarakat indonesia, faktor pendorong keberagaman masyarakat indonesia, akibat keberagaman masyarakat indonesia, manfaat keberagaman budaya bagi masyarakat indonesia, berikut yang bukan merupakan penyebab keberagaman masyarakat indonesia adalah