Advertorial

Kelompok 66 KKN UNS Sosialisasikan Protokol Kesehatan ke Wali Murid dan Siswa SD di Sambirembe

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Pandemi Covid-19 membawa dampak pada sektor kesehatan. Di tengah kondisi itu Universitas Sebelas Maret (UNS) menjadikan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk pendampingan kepada masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Seperti halnya yang dilakukan oleh kelompok 66 KKN UNS. Dibawah bimbingan dosen Adi Ratriyanto, KKN tahun ini mengambil tema membangun desa.

Ketua Kelompok 66 KKN UNS Huda Firdautama mengatakan, kegiatan program KKN kelompoknya digelar di Desa Sambirembe, Kecamatan Karangrejo, Magetan. Ada sejumlah program kerja yang digagas Kelompok 66 KKN UNS selama menjalani kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut.

Salah satunya adalah sosialisasi tentang pentingnya penerapan prokes 5 M. Meliputi mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjahui kerumunan dan mengurangi mobilitas. Kegiatan itu mereka lakukan pada Kamis (26/8) lalu. ‘’Sosialisasi ini dikhususkan untuk ibu-ibu wali murid dan anak SD setempat. Kami juga bekerja sama dengan pihak desa melalui pokja IV,’’ katanya.

Dia menjelaskan sosialisasi ini bertujuan untuk mengedukasi anak SD agar disiplin menerapkan prokes 5 M. Terutama di saat mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah. Sedangkan, bagi orang tua siswa diharapkan bisa berpartisipasi aktif untuk melindungi anak mereka dari paparan virus korona.

Contohnya dengan rajin mengingatkan anaknya untuk selalu cuci tangan, jaga jarak dan memakai masker apabila di sekolah. ‘’Hal ini penting dilakukan agar bisa memutus mata rantai penyebaran dari virus korona,’’ ujar Huda.

Lebih lanjut, Huda mengatakan bahwa program KKN tersebut digelar selama sebulan. Dari situ, dirinya berharap ke depan sosialisasi tentang prokes bisa diteruskan oleh pihak Pemdes Sambirembe. ‘’Karena masih rendahnya penerapan prokes di kalangan anak-anak SD, kami harapkan kegiatan ini tetap diteruskan oleh pihak desa,’’ harapnya. (ebo/her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button