Laka LantasPacitan

Kelebihan Muatan, Rem Blong, Truk Terguling

PACITAN, Jawa Pos Radar PacitanTruk boks pengangkut cairan pembersih alat pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dari Jakarta terguling di tanjakan Desa Gawang, Kebonagung, Pacitan, sekitar pukul 09.00 Rabu (1/4). Truk nopol F 8495 FS tersebut mengangkut 4.000 liter cairan pembersih diduga kelebihan muatan.

Di tengah jalan yang menanjak tiba-tiba rem blong. Sehingga, truk tidak bisa dikendalikan dan akhirnya terguling. ‘’Sebenarnya saya sampai di sini sekitar pukul 01.00 dini hari tadi (kemarin, Red),’’ kata Maharudin, sopir truk.

Lantaran mengetahui rem blong, dia mengganjalnya di sekitar tanjakan sembari menunggu bantuan. Paginya, lanjut Mahar, pihak PLTU tiba di lokasi dan mengambil muatan separonya atau sekitar 2.000 liter. Setelah beban muatan berkurang, lalu dipanggilkan montir untuk memperbaiki.

Namun, montir menginginkan perbaikan dilakukan di bawah. Sopir sempat menolak karena kondisi truk masih bermuatan. ‘’Mau bagaimana lagi, akhirnya saya turuti,’’ ujarnya.

Tak lama setelahnya, truk meluncur mundur ke bawah dengan kecepatan tinggi. Sopir berusaha mengendalikan dan membanting setir ke arah tebing pinggir jalan. ‘’Sekuat tenaga saya banting setir agar tidak sampai ada korban, beruntung saya masih baik-baik saja,’’ ucap pria 43 tahun itu.

Banit Laka Satlantas Polres Pacitan Bripka Dian Oktrimawan Angga Saputra menyebut bahwa kecelakaan tunggal tersebut terjadi lantaran sopir baru kali pertama ke wilayah Pacitan. Pun membawa muatan berlebihan.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Pun  tidak sampai mengganggu arus lalu lintas. Pihaknya lantas berkoordinasi dengan derek setempat untuk menariknya. Untuk muatan yang separonya akan kembali diambil pihak PLTU. ‘’Sedangkan truk dan sopir akan  langsung kembali ke Jakarta,’’ jelasnya. (mg2/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close