Ngawi

Kekeringan, BPBD Ngawi Suplai 12 Ribu Liter Air Bersih ke Banjarbanggi

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Suplai belasan ribu liter air bersih ke Dusun Pojok, Banjarbanggi, Pitu, Ngawi, Rabu (6/10) diprediksi bakal habis kurang dari sepekan. Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) hanya menyalurkan dua tangki air. Masing-masing berkapasitas 6.000 liter. ‘’Perkiraan cukup untuk tiga sampai empat hari,’’ kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ngawi Teguh Puryadi, Kamis (7/10).

Teguh menyebut, dropping 12 ribu liter air bersih itu untuk 250 warga Banjarbanggi yang terdampak kekeringan. Setiap rumah warga punya tandon untuk menyimpan air. Sehingga pasokan kemarin dapat bertahan beberapa hari ke depan. ‘’Kalau habis, kami akan mendistribusikan air kembali,’’ ujarnya.

BPBD, kata Teguh, mengalokasikan dana sekitar Rp 150 juta untuk penanganan bencana kekeringan tahun ini. Penyediaan air bersih bekerja sama dengan perusahaan air minum setempat. Adapun penyaluran bisa mencapai 15 truk tangki dengan kapasitas 5.000 liter dalam sehari. ‘’Tapi, ya bergantung jaraknya juga. Kalau dekat, bisa bolak-balik tiga kali,’’ ungkapnya. (sae/c1/cor/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button