Ponorogo

Kejari Ponorogo: Jadikan Korupsi Musuh Bersama

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Perang terhadap korupsi merupakan agenda besar. Bahaya laten rasuah harus dibasmi. Itulah semangat yang digaungkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Ponorogo dalam memperingati hari antikorupsi.

Senin (9/12) mereka mendatangi sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) menempelkan stiker antikorupsi. Aksi itu sekaligus menjadi momen refleksi atas kasus korupsi yang belum tuntas mereka tangani. ‘’Korupsi musuh kita bersama,’’ kata Kajari Ponorogo Indah Laila.

Selain penempelan stiker di beberapa kantor OPD, sebelumnya Indah beserta jaksa lainnya turun ke jalan mengampanyekan antikorupsi. Mereka membagikan stiker kepada pengguna jalan yang melintas.

Menurutnya, aksi itu merupakan bagian dari edukasi kepada masyarakat. Warga diharapkan bisa ikut mengawasi, mengawal, serta mencegah terjadinya korupsi. ‘’Harus dimulai dari mendisiplinkan diri untuk tidak korupsi. Bukan hanya soal menyuap misalnya. Upaya pencegahan ini juga menjadi bagian dari tugas kejaksaan negeri,’’ terang mantan kajari Kotabaru tersebut.

Dia menyebut pencegahan korupsi bukan hanya tugas penegak hukum. Namun, masyarakat juga punya peran yang sama. ‘’Misalnya kami menindak tegas oknum kades yang korupsi. Ini juga untuk memberi efek jera bagi kades-kades lain untuk jangan melakukan korupsi,’’ ujarnya.

Pada hari antikorupsi kemarin, Indah mengaku masih mempunyai tunggakan kasus rasuah yang belum rampung proses penanganannya. Seperti kasus rekrutmen tenaga siluman dishub pada 2011. Seluruh tersangka belum sempat dieksekusi. Alasannya, mereka mengajukan upaya hukum. ‘’Ada beberapa kasus yang masih dalam tahap upaya hukum oleh para pihak. Ada yang kasasi atau banding. Ini yang menjadi prioritas kami ke depan,’’ tuturnya. (naz/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close