Mejayan

Kejar Tayang Proyek Trotoar, Rekanan Pelaksana Di-Deadline 50 Hari

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Tiga proyek pembangunan trotoar dan rehabilitasi pedestrian di kawasan Caruban berkejaran dengan waktu. Rekanan pelaksana diberi deadline kurang dari dua bulan menyelesaikannya.

Hujan yang belakangan mengguyur berpotensi mengganjal kejar tayang proyek senilai total Rp 17,1 miliar tersebut. ‘’Waktu pengerjaannya 50 hari,’’ kata Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Madiun Anang Tri Tjahjono Senin (2/11).

Anang percaya diri pembangunan infrastruktur bagi pejalan kaki itu selesai tepat waktu. Ketiga rekanan pelaksana telah menandatangani kontrak 27 Oktober lalu. Saat ini dilakukan pembersihan lokasi. ‘’Waktunya memang mepet. Tapi, kami gerak cepat,’’ ungkapnya.

Klasifikasi tiga trotoar bervariasi. Terpanjang Jalan MT Haryono dengan 1,75 kilometer. Lebar di sisi kanan dan kirinya 2,8 meter (selengkapnya lihat grafis). ‘’Kalau Jalan Letjen Sutoyo sekadar rehabilitasi. Kalau Ahmad Yani dan MT Haryono ada penambahan drainase dengan box culvert,’’ terangnya.

Anang menyebut, konsep trotoar alami dan sederhana. Pihaknya menggunakan material teraso sebagai kulit permukaan trotoar. Ketebalan hasil pengolahan serbuk dan butiran marmer itu sekitar tiga sentimeter. Pemilihan material dari Tulungagung itu demi keindahan dan estetika. Di sisi lain, teraso dinilai tidak licin saat hujan dan tidak mudah pecah. ‘’Itu hasil masukan dari konsultan perencana dan petunjuk pimpinan dengan wawasan dari berbagai daerah,’’ ungkapnya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button