Magetan

Kejar Target, 19.275 Warga Magetan Telah Divaksin

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Vaksinasi terhadap warga lanjut usia (lansia) terus dikebut. Pasalnya, mayoritas penderita Covid-19 di Magetan merupakan warga berusia di atas 54 tahun. Hingga kini sudah 3.534 lansia di Magetan disuntik serum antikorona. ‘’Di Magetan, 54 persen penderita Covid-19 berusia 54 tahun ke atas. Ini menjadi atensi kami,’’ kata Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Suwantiyo, Senin (19/4).

Vaksinasi lansia sudah berlangsung dua tahap. Pekan lalu dinkes merampungkan imunisasi terhadap 1.700 lansia di wilayah Puskesmas Sumberagung (Kecamatan Plaosan) dan Puskesmas Ngariboyo. ‘’Total sudah 3.534 lansia divaksinasi. Penentuan skala prioritasnya mengacu jumlah kematian korona di kecamatan,’’ terangnya.

Selain di wilayah Plaosan dan Ngariboyo, dinkes bakal memprioritaskan imunisasi terhadap lansia di kecamatan Magetan kota. Pasalnya, jumlah kasus korona dari kecamatan kota masih yang tertinggi. ‘’Umumnya lansia mengalami gejala berat jika terpapar Covid-19. Harapannya vaksinasi dapat menurunkan risiko tersebut,’’ jelas Suwantiyo.

Hingga kemarin 19.275 warga Magetan telah disuntik serum antikorona. Atau baru 2,87 persen dari 670.812 jiwa penduduk Magetan (per tahun 2020). Pemkab menargetkan 70 persen warganya disuntik vaksin untuk membentuk herd immunity. ‘’Targetnya pada akhir tahun ini sudah 70 persen yang divaksinasi,’’ ujarnya. (fat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button