MadiunPeristiwa

Kejadian Luar Biasa, Kota Madiun Porak-poranda

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Lima belas menit sebelum pukul lima sore, angin kencang membuat Kota Madiun porak-poranda Jumat (13/12). Banyak pohon tumbang melintang jalan dan menimpa rumah. Sejumlah fasilitas umum rusak dan beberapa ruas jalan lumpuh digenangi guyuran hujan deras yang tertampung. Sebagian wilayah sampai diguyur hujan es.

Mbah Seno, 65, pedagang warung di dekat stasiun, terkejut bukan kepalang. Saat dia hendak membawa gerobak ke tempat dagangannya. Tepat di depannya pohon besar berdiameter dua meter roboh. Pohon tinggi menjulang itu roboh menimpa pagar Stasiun Madiun. ‘’Tepat di depan saya roboh,’’ kata penjual warung di Jalan Kompol Sunaryo itu.

Petugas bergerak cepat membersihkan lokasi. Namun, tak mudah mengevakuasi pohon besar yang tercerabut dari akarnya tersebut. Saking besarnya, ujung pohon menimpa pagar sisi timur stasiun. ‘’Petugas langsung disebar, kami kirimkan 30 personel dibantu disperkim (dinas perumahan dan pemukiman, Red),’’ kata Kepala BPBD Kota Madiun Agus Hariono.

Hujan deras disertai angin kencang mulai pukul 16.45 itu berlangsung dua jam. Menumbangkan 13 pohon ayaman di tepi Jalan Biliton, dr Soetomo, Lombok, Bali, Sumbawa, Ahmad Yani, Kompol Sunaryo, Kapuas, Jenggolo, hingga Lapangan Gulun dan Stadion Wilis. ‘’Kami segerakan pembersihan jalan protokol,’’ ujarnya.

Di lokasi berbeda, salah satu pohon tumbang menimpa rumah milik Wadiyem, 62. Kejadian di Jalan Jenggolo itu berlangsung saat pemilik rumah berada di teras. Tak lama berselang, pohon tumbang menimpa kanopi teras. ‘’Langsung lari ke dalam rumah,’’ kata Wadiyem.

Agus juga menerima laporan hujan es terjadi di Madiun Lor. Tidak ada korban jiwa dalam bencana petang kemarin. ‘’Hanya sebagian wilayah saja,’’ sebutnya.

Hujan lebat juga menyebabkan genangan di Jalan Citarum. Tepatnya di depan Mapolres Kota Madiun. Genangan air cukup menghambat lalu lintas di lokasi. Bahkan, saat koran ini lewat bersama jurnalis lain, diserempet pengendara lain lantaran jalan yang cukup licin.

Hingga berita ini ditulis pukul 20.03 kemarin, petugas masih terus bekerja melakukan pembersihan pohon tumbang yang melintang di jalan. Agus memastikan seluruh pekerjaan selesai malam itu juga (kemarin, Red). ‘’Kami imbau warga agar waspada. Tadi juga sempat ada kabar anak hanyut di sungai, sudah dicari satu kampung, ternyata berteduh di rumah tetangganya. Jangan panik,’’ ucapnya. (kid/c1/fin)

Tunda Konser Andra and the Backbone

BATAL MANGGUNG: Wali Kota Madiun Maidi, Ketua DPRD Andi Raya bersama personel Andra and The Backbone di proliman Diponegoro Jumat malam.

JUMAT malam (13/12) seharusnya menjadi momen membahagiakan bagi The Backboners, fans Andra and the Backbone, karena bisa bernyanyi bersama sang idola dalam konser bertajuk Music Fest 2019 di alun-alun Kota Madiun. Sayang, konser itu diurungkan secara mendadak.

Sebab, dua jam sebelum konser digelar, wilayah kota dilanda hujan deras disertai angin kencang. Banyak pohon tumbang melintang di jalan dan menimpa rumah warga. Lokasi konser juga berantakan karena disapu angin berkecepatan 25 knot tersebut.

Belum lagi kondisi tanah yang dijadikan pijakan becek. Listrik di sebagian titik juga padam. Wali Kota Madiun Maidi langsung turun tangan setelah hujan reda. ‘’Untuk konser Andra and the Backbone diundur,’’ kata Maidi di balai kota.

Dia khawatir pelaksanaan konser tidak akan maksimal. Karena memang lokasi becek dan dinilai membahayakan. Karena banyak kabel yang dialiri listrik. ‘’Daripada kita ragu lebih baik diundur,’’ ujar mantan sekda Kota Madiun tersebut.

Maidi tidak menjelaskan secara gamblang sampai kapan kepastian konser itu kembali dapat digelar. Yang jelas, persoalan itu masih akan dibahas dengan pihak manajemen Andra and the Backbone. Dia berharap maklum. Sebab, persoalan ini termasuk force majeure. ‘’Kami masih lihat jadwalnya. Tapi yang penting tidak pada tanggal 17 (Desember). Karena ada peringatan Hari Ibu. Kebetulan saat itu juga ada konser Nissa Sabyan,’’ katanya.

Meski gagal manggung tadi malam, seluruh personel Andra and the Backbone mulai Stevie Item, Dedy Lisan, dan Andra Junaidi tetap bisa bertatap muka dengan para fansnya. Itu setelah Maidi mengajak mereka ke proliman Diponegoro sambil melihat hasil program pembangunan yang telah dilakukan pemkot. (her/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close