News

Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat Asean

×

Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat Asean

Share this article

Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat Asean – Negara-negara ASEAN memiliki letak geografis yang mirip di daratan Asia dan pulau-pulau di Asia. Luas negara-negara Asia Tenggara sekitar 4.500.000 kilometer persegi, tidak termasuk wilayah laut. Negara terbesar adalah Indonesia sedangkan negara terkecil adalah Singapura.

1. Secara astronomis terletak pada 28 derajat Lintang Utara – 11 derajat Lintang Selatan, 92 derajat Bujur Timur – 141 derajat Bujur Timur

Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat Asean

Singapura adalah negara kecil dengan kelompok etnis yang berbeda termasuk Cina, Melayu dan India. Mayoritas penduduknya beragama Budha karena mayoritas penduduknya adalah keturunan Tionghoa. Sebagian besar mata pencaharian masyarakat adalah di sektor industri.

Sebutkan Tantangan Yang Dialami Masyarakat Asean Yang Tergabung Dalam Komunitas Sosial Budaya

Malaysia adalah negara ASEAN dengan populasi etnis yang beragam. Kebangsaan yang tinggal di Malaysia adalah Melayu, Cina dan India. Mayoritas penduduknya beragama Islam.

Bahasa Resmi: Filipina Mata Uang: Peso Sistem Pemerintahan: Lagu Kebangsaan Republik: Lupang Hinirang Bangunan Terkenal: Gereja St. Augustine, Katedral Manila

Sebagian besar penduduk Filipina tinggal di Pulau Luzon dan Pulau Mindanao. Penduduk asli adalah Ita (tebal). Agama yang paling populer adalah Katolik Roma. Budayanya sangat dipengaruhi oleh budaya Melayu, Cina dan Spanyol. Mayoritas penduduknya bermatapencaharian dari pertanian, industri ringan dan pekerja infrastruktur.

Ibukota: Bangkok Bahasa Resmi: Thai Mata Uang: Bath Sistem Pemerintahan: Monarki/Kerajaan Lagu Kebangsaan: Pyeongchang Bangunan Terkenal Thai: Pagoda Sebagian besar penduduk Thailand berasal dari suku Thai dan sebagian besar beragama Buddha. Ada begitu banyak pagoda di Thailand sehingga Thailand disebut Negeri Seribu Pagoda. Sebutan lain negara ini adalah negeri gajah putih. Thailand merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah mengalami penjajahan, kegiatan ekonomi terbesar negara tersebut berasal dari pertanian dan pariwisata. Pantai Pattaya adalah salah satu tempat wisata paling populer di Thailand.

Lkpd Ips Kelas Viii Semester 1_dewi Kurniawati

Ibukota: Bandar Seri Begawan Bahasa Resmi: Melayu Mata Uang: Sistem Dolar Brunei Pemerintahan: Kesultanan Lagu Kebangsaan: Allah Pulihullah Sultan Bangunan Terkenal: Masjid Sultan Omar Ali Sayyafuddin Sebagian besar penduduk Brunei Darussalam adalah Melayu, Cina dan Diakman. Islam adalah agama yang paling banyak dianut oleh penduduk negeri ini. Budaya Brunei hampir mirip dengan budaya Melayu yang dipengaruhi oleh Islam. Orang-orang sangat sopan. Perekonomian Brunei bergantung pada sektor pertambangan minyak dan gas.

Ibukota: Hanoi Bahasa Resmi: Vietnam Mata Uang: Dong Sistem Pemerintahan: Republik Sosialis Lagu Kebangsaan: Tien Quan Ca Mayoritas penduduk Vietnam adalah etnis Vietnam dan sebagian kecil adalah etnis Tionghoa. Agama yang banyak dianut oleh penduduk adalah agama Budha. Sektor pertanian/pertanian merupakan sumber perekonomian negara ini. Budaya Vietnam sangat dipengaruhi oleh budaya Cina. Ha Long Bay (Ha Long Bay) adalah salah satu tujuan wisata terkenal di Vietnam.

Baca Juga  Dramatis Adalah

Ibukota: Yangon Bahasa Resmi: Burma Mata Uang: Kyat Sistem Pemerintahan: Republik Konstitusional Lagu Kebangsaan: Kaba Ma Kyi Penduduk Myanmar terdiri dari etnis Burma, Shan, Karen, Rakhine, Tionghoa, dan Mongolia. Agama mayoritas penduduknya adalah Budha. Sektor industri merupakan sumber perekonomian negara. Industri yang ada meliputi pertambangan, pengolahan ikan, kayu, semen, tekstil dan mebel.

Ibukota: Vientiane Bahasa Resmi: Laos Mata Uang: Kip Sistem Pemerintahan: Demokrasi Lagu Kebangsaan: Pheng Xat Lao Sebagian besar penduduknya berasal dari suku bangsa Laos. Berdasarkan ketinggian tanahnya, suku Lao terbagi menjadi empat kelompok, yaitu: Lao Lom yang mendiami dataran rendah, Lao Tai yang mendiami dataran tinggi dan tengah, Lao Thiong yang mendiami pegunungan dan dataran tinggi. Lagu yang hidup di puncak gunung. Buddhisme adalah agama yang diikuti oleh populasi terbesar. Bangunan dan seni budaya adalah warisan agama Buddha. Pertanian adalah kegiatan ekonomi utama di Laos. Irigasi pertaniannya bergantung pada aliran Sungai Mekong.

Ejercicio De Karakteristik Geografis Dan Kehidupan Sosial Budaya Di Wilayah Asean

Bahasa Resmi: Khmer Mata Uang: Sistem Kereta Api Pemerintahan: Kerajaan Lagu Kebangsaan: Servant Reich Bangunan Terkemuka: Angkor Wat

Penduduk Kamboja berasal dari Khmer, Vietnam dan Tionghoa. Mayoritas penduduknya beragama Budha. Tarian di Kamboja dibagi menjadi tiga kelompok: tarian klasik Khmer, tarian rakyat, dan tarian sosial. Pertanian, pariwisata, dan industri tekstil merupakan sumber ekonomi utama warganya.

Ibukota: Jakarta Bahasa Resmi: Indonesia Mata Uang: Sistem Rupee Pemerintahan: Republik Indonesia Lagu Kebangsaan: Indonesia Raya Bangunan Terkenal: Monas, Candi Borobudur, Masjid Istiqlal Sebagian besar penduduk Indonesia tinggal di pulau Jawa. Orang-orang di sini berasal dari Austria. Ada banyak suku bangsa di Indonesia termasuk Jawa, Sunda, Madura, Batak dan Manangkabau. Etnis minoritas adalah Cina, Arab, dan India. Agama mayoritas adalah Islam. Negara ini terdiri dari 34 provinsi yang masing-masing memiliki keragaman budayanya sendiri. Pertanian, industri dan pariwisata adalah sektor utama ekonomi. Anda bisa melihat mr. Slamet dalam video berikut. Penjelasan Pak Slamet (Silakan lihat) Untuk menguji pemahaman Anda tentang materi ini, ikuti penilaian pada tautan di bawah ini. LINK PENILAIAN IPS (Harus dilakukan) Anda dapat mengunduh detail materi dari tautan di bawah ini dan mencetak materi ini. Isi IPS pdf Isi IPS powerpoint Press briefing Presiden Joko Widodo Sekretariat ASEAN, Sabtu (24/4). Foto: Leli Richev/Kantor Pers Sekretariat Presiden/via Reuters

ASEAN adalah organisasi internasional negara-negara anggota di kawasan Asia Tenggara. Negara-negara ini disatukan oleh lokasi geografis dan kesamaan budaya.

Baca Juga  Yang Bukan Merupakan Faktor Penyebab Terjadinya Perdagangan Antardaerah Adalah

Pdf) Asean Class Program Di Mts. Muhammadiyah 1 Malang

ASEAN didirikan pada tahun 1967 berdasarkan Deklarasi Bangkok. Saat itu, tokoh dari lima negara yang terlibat dalam pembahasan tersebut menjadi pencipta dan pendiri organisasi ini. Lima negara tersebut adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina.

Orang-orang yang tinggal di negara-negara ini disebut Komunitas ASEAN. Menurut situs web Kementerian Luar Negeri, mereka bersama-sama mengatasi berbagai tantangan di bidang kependudukan, kemiskinan, ketenagakerjaan, dan kesejahteraan sosial.

Kehidupan sosial budaya masyarakat ASEAN digambarkan di bawah ini dalam buku pelajaran 1 kelas 6 SD Kurikulul 2013:

Ada sebuah desa terapung di dekat Brunei Darussalam yang disebut Kampong Ayer. Pada tahun 1400, Kampung Ire menjadi pusat pemerintahan. Saat ini, banyak penduduk memiliki perahu pribadi dan menyimpannya di bawah rumah mereka.

Karakteristik Geografis Masyarakat Asean

Oleh karena itu, dalam adatnya, orang Brunei tidak berjabat tangan dengan lawan jenis. Dan merupakan kebiasaan umum orang Brunei untuk melepas sepatu Anda sebelum memasuki rumah orang lain.

Ada patung Dewa Murungga di Malaysia yang tingginya 42,7 meter. Patung tersebut terletak di Gua Batu, sebuah gua yang merupakan salah satu kuil Hindu paling terkenal di luar India, yang didedikasikan untuk Dewa Moronga.

Ada sebuah kota bernama George Town di Malaysia yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Kota ini terletak di Pulau Penang.

Georgetown adalah kota dengan banyak jenis budaya. Ada banyak bangunan dan struktur era Eropa yang bercampur dengan nuansa Cina. Tiga kelompok etnis utama di Malaysia adalah Melayu, Cina dan India.

Buku Ips Smp Kelas 8 K13 Revisi 2017

Budaya Filipina adalah hasil perpaduan budaya Barat dan Timur. Kehidupan budayanya dipengaruhi oleh budaya Melayu, Cina, dan Spanyol.

Filipina adalah bahasa nasional dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk urusan bisnis atau sosial. Ada delapan bahasa utama yang digunakan di Filipina, yaitu Tagalog, Cebuano, Ilocano, Hiligaynon atau Ilonggo, Bicol, Waray, Pampango, dan Pangasinense.

Jabat tangan adalah bentuk sapaan yang paling umum di Filipina. Ada tarian tradisional di Filipina yang disebut tarian denting. Tarian ini bercerita tentang Burung Tinking yang melompat dan kabur dari perangkap bambu para petani padi.

Kamboja memiliki tarian tradisional yang disebut Tari Apsara. Tarian ini berasal dari 2.000 tahun yang lalu dan jejaknya dapat dilihat di banyak bangunan keagamaan di Kamboja.

Bentuk Kerja Sama Negara Asean Di Berbagai Bidang, Mulai Dari Bidang Sosial Budaya Hingga Pertanian

Orang Kamboja juga disebut orang Khmer. Mereka suka memakai selendang kotak-kotak yang disebut krama. Pria dan wanita Khmer juga mengenakan tongkat Buddha di kalung mereka, yang dimaksudkan untuk mengusir roh jahat dan membawa keberuntungan.

Baca Juga  Fungsi Dari Pernapasan Dada Adalah Dapat Menghasilkan Nada-nada

Mayoritas penduduk Myanmar berasal dari Tibet dan bahasa yang digunakan adalah bahasa Burma. Pakaian tradisional Myanmar disebut Lungi.

Bentuknya mirip sarung Indonesia, namun kain ini melilit bagian tubuh Anda dari perut hingga bokong. Longai yang terbuat dari kain katun tidak hanya digunakan oleh pria dewasa tetapi juga oleh anak-anak dan wanita.

Orang Vietnam suka duduk di kursi, kursi yang sangat kecil. Kursi ini biasanya digunakan untuk berbicara dan makan.

Dari Artikel Pengaruh Letak Geografis Indonesia Terhadap Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat Tersebut

Kebanyakan nama keluarga Vietnam adalah Nguyen. Inilah mengapa dinasti Nguyen memerintah dari tahun 1803 hingga 1945 dan merupakan dinasti terakhir di Vietnam.

Nama Lao mengacu pada penemunya, yaitu Lao. Orang Lao dikenal karena kesabaran dan kesederhanaannya. Ini terkait dengan ajaran Buddha yang dianut banyak orang.

Permainan tradisional di Laos adalah Katao, mirip dengan bola voli, tetapi kaki digunakan untuk menangkap dan memukul bola. Bola terbuat dari anyaman bambu.

Tahun Baru Lao disebut Bon Pi Mai. Untuk merayakannya, semua warga Laos membersihkan rumah mereka, mengenakan pakaian baru, dan mencuci patung Buddha.

Bg 8 Ips Ayomadrasah

Makanan pokok masyarakat Laos adalah nasi atau beras ketan yang dimakan dengan tangan. Orang-orang Laos menyebut diri mereka “Lok Khao Nyao”, yang berarti “Anak Beras Ketan”. Hallo siswa kelas 6 SD, dibawah ini kami akan membahas konten tentang ciri-ciri geografis dan kehidupan sosial, budaya, ekonomi dan politik di kawasan ASEAN. Semoga ini bermanfaat. Ciri-ciri geografis dan kehidupan sosial, budaya, ekonomi dan politik di kawasan ASEAN

. Pasalnya, wilayah laut di negara-negara ASEAN lebih luas daripada wilayah darat. 2. Iklim Tropis dan Khatulistiwa.

Di sekitar garis khatulistiwa terdapat daerah yang beriklim hangat dan hanya memiliki 2 musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Khatulistiwa atau khatulistiwa adalah garis yang membagi belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Sebagian besar negara ASEAN beriklim tropis karena dilintasi garis khatulistiwa. Dampak positif iklim tropis antara lain: Iklim tropis hanya memiliki dua musim, sehingga tumbuhan tidak sulit tumbuh. Curah hujan cukup untuk memfasilitasi budidaya. Dan sumber daya alam sangat banyak dan beragam. 3. Lokasi geografis, klasik dan geologis

Geografi: Terletak di antara dua benua (benua Asia dan benua Australia)

Singtel’s 5g Network Surpasses 95% Nationwide Coverage

Sosial budaya masyarakat pesisir, dampak perubahan sosial bagi kehidupan masyarakat, kehidupan sosial budaya, kehidupan sosial masyarakat desa, sosial budaya masyarakat, contoh perubahan sosial budaya dalam masyarakat, komunitas sosial budaya asean, sosial budaya asean, kehidupan sosial budaya masyarakat, kehidupan sosial masyarakat, makalah sosial budaya masyarakat, kehidupan sosial masyarakat jepang