Madiun

Kegiatan Takbir Keliling Dilarang

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Tradisi takbir keliling menyambut Lebaran ditiadakan. Pemerintah memutuskan melarang kegiatan itu lantaran berpotensi memicu penularan Covid-19. Warga diminta takbiran di masjid atau musala, tanpa harus berkeliling. ‘’Jadi, takbirannya tidak dilarang. Yang tidak boleh itu jika dilakukan dengan berkeliling,’’ kata Kapolres Madiun Kota AKBP Dewa Putu Eka Darmawan kemarin.

Dewa mengimbau para ulama maupun tokoh agama ikut menyosialisasikan larangan melaksanakan takbir keliling. ‘’Keselamatan dan kesehatan masyarakat adalah hukum tertinggi yang saat ini sedang kita junjung. Intinya, jangan sampai ada kerumunan,’’ imbuhnya.

Sesuai surat edaran (SE) Kementerian Agama, kegiatan takbir dilaksanakan secara terbatas maksimal 10 persen dari kapasitas masjid dan musala. Pun, menerapkan protokol kesehatan ketat seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. ‘’Solusi lainnya, takbiran secara virtual dari masjid atau musala sesuai ketersediaan perangkat telekomunikasi,’’ ujarnya. (mg2/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button