Magetan

Kebut Vaksinasi 55 Ribu Warga Magetan

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Pemkab Magetan ngebet untuk menurunkan status PPKM level. Karena itu, percepatan vaksinasi terus digenjot. Saat ini cakupan vaksinasi tahap pertama kurang 10,58 persen dari total penduduk. ‘’Sementara progres vaksinasi mencapai 39,42 persen,’’ kata Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Magetan Rohmad Hidayat, Senin (27/9).

Pemerintah pusat, lanjut Rohmad, memberi syarat vaksinasi 50 persen dari total penduduk bagi seluruh daerah supaya turun level 2 PPKM. Rohmad menakar pihaknya perlu menyuntikkan serum antikorona ke 55 ribu warga lagi, untuk bisa memenuhi syarat tersebut. ‘’Kuncinya, distribusi vaksin ke Magetan maksimal,’’ ujarnya.

Rohmad mengklaim, dalam sehari satu puskesmas dapat melakukan imunisasi korona kepada minimal 500 orang. Di hari tertentu bahkan bisa lebih. Seperti Sabtu lalu (25/9), dalam sehari 2.867 dosis disuntikkan.

Kendati saat ini stok vaksin nihil, Lanud Iswahjudi telah menyanggupi bakal memberi bantuan 10 ribu dosis untuk Magetan. Bantuan itu akan meringankan beban pemkab dalam menggencarkan imunisasi. ‘’Kami optimistis bulan depan cakupan vaksinasi dosis pertama dapat mencapai 70 persen dari total penduduk sejumlah 670 ribu lebih. Asalkan vaksin terus digelontor,’’ terang Rohmad. (mg5/c1/naz/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button