Magetan

Kebun Refugia Dibuka Tidak untuk Umum

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Objek wisata Kebun Refugia Plaosan, Magetan, bakal dibuka kembali mulai Sabtu besok (18/7). Hanya, masih uji coba dan tidak untuk umum. ‘’Khusus untuk warga Jawa Timur. Kecuali daerah zona merah Covid-19,’’ kata Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, dan Ketahanan Pangan (DTPHPKP) Magetan Eddy Suseno Kamis (16/7).

Eddy sudah mem-blacklist beberapa daerah zona merah. Yakni, Kabupaten Sidoarjo, Mojokerto, Gresik, Bojonegoro, Kota Mojokerto, dan Surabaya. Itu pun bisa berubah mengikuti perkembangan peta Covid-19 di Jatim. Sebelum masuk kebun, pengunjung bakal dicek kartu identitasnya. ‘’Ini demi kenyamanan dan keselamatan pengunjung. Kami tidak ingin gara-gara ke Kebun Refugia tertular Covid-19,’’ ujarnya.

Pihaknya juga bakal membatasi jumlah pengunjung agar bisa menjalankan physical distancing. Eddy belum bisa memastikan kapasitas maksimal Kebun Refugia. ‘’Akan ada petugas yang memantau tingkat kepadatan pengunjung di dalam,’’ jelasnya.

Petugas khusus yang telah dilatih tim gugus tugas bakal tegas menindak pengunjung yang abai protokol kesehatan. Seperti tak mengenakan masker. Jika membandel akan diminta keluar. Pun mengingatkan pengunjung mencuci tangan di tempat yang telah disediakan. ‘’Kami juga akan menyemprot spot-spot yang disinggahi pengunjung dengan disinfektan tiga jam sekali,’’ bebernya.

Objek wisata berbagai jenis bunga itu bisa saja ditutup kembali. Apabila dalam masa uji coba ada yang tidak sesuai protokol kesehatan. Pasalnya, sebelum memutuskan membuka, harus mendapatkan rekomendasi dan peninjauan langsung dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Magetan. ‘’Bisa saja ditutup kembali seperti Sarangan,’’ pungkasnya. (bel/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close