AdvertorialNgawi

Keberhasilan Pembangunan Ada di Tangan Pemuda

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Hari Sumpah Pemuda tidak cukup dimaknai lewat acara seremonial. Melainkan makna hari bersejarah yang diperingati setiap 28 Oktober itu juga perlu diimplementasikan. ‘’Selama ini kita lebih sering terjebak pada peringatannya, tapi lupa apa yang seharusnya dilakukan berkaitan dengan Hari Sumpah Pemuda itu,’’ kata Wakil Ketua DPRD Ngawi Sarjono Selasa (27/10).

Menurut Sarjono, ada hal penting yang dapat dipetik dari peristiwa 28 Oktober 1928. Pada masa penjajahan itu muncul keinginan para pemuda untuk menyatukan berbagai suku, agama, maupun budaya dalam semangat yang sama yakni kemerdekaan Indonesia. ‘’Padahal, waktu itu sarana dan prasarana masih sangat terbatas, termasuk untuk berkomunikasi,’’ ungkapnya.

Saat ini teknologi komunikasi berkembang begitu pesat. Namun, semangat para pemuda untuk bersatu justru berkurang. ‘’Padahal, tugas pemuda mengisi kemerdekaan dengan pembangunan. Nah, salah satu kunci agar proses pembanguan itu berhasil ya menjaga persatuan dan kesatuan,’’ tegasnya.

Begitu juga ketika bangsa ini menghadapi pandemi Covid-19. Pemuda yang memiliki nalar lebih terbuka, berwawasan luas, serta pendidikan yang tinggi, mestinya menjadi pelopor untuk menaati protokol kesehatan pencegahan persebaran virus korona. ‘’Bukan malah melakukan provokasi agar masyarakat tidak patuh terhadap aturan,’’ ujarnya. (tif/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button