Ngawi

Kebakaran Masih Mengintai, Satu Semester Ada 18 Kejadian

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Memasuki puncak musim kemarau, Satpol PP Ngawi mewaspadai potensi maraknya kasus kebakaran. Apalagi, dalam beberapa hari terakhir muncul beberapa kejadian beruntun. Baik yang menimpa rumah maupun lahan. ‘’Bisa saja api berasal dari plastik yang terkena sinar matahari, lalu membakar rumput kering di bawahnya,’’ kata Kasi Pencegahan Kebakaran Satpol PP Eko Budi Kamis (1/8).

Meski begitu, Eko memprediksi kasus kebakaran sepanjang tahun ini tidak akan melampaui kejadian pada 2018 lalu. Catatan OPD-nya, hingga Juni di Ngawi terdapat 18 kasus amukan si jago merah. Sementara, selama 2018 tercatat 34 kejadian. ‘’Lebih dari separonya kebakaran lahan,’’ ungkapnya.

Kasus kebakaran rumah, kata dia, didominasi korsleting aliran listrik dan perapian yang masih menyala saat penghuni pergi. ‘’Maka dari itu, penataan instalasi kabel di rumah maupun bangunan lain sangat penting,’’ tegasnya.

Di sisi lain, pihaknya getol melakukan sosialisasi penanganan kebakaran di tiap kecamatan. Mulai penggunaan alat pemadam api ringan (APAR) hingga proses evakuasi korban. ‘’Walaupun petugas siap datang saat kebakaran terjadi, tapi dengan pelatihan, risiko adanya korban jiwa bisa ditekan,’’ pungkasnya. (gen/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close