Ponorogo

Kebakaran Gunung Wilis Membara sampai Ponorogo

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Kebakaran lahan hutan di lereng Gunung Wilis yang semula terpusat di Tulungagung merembet ke Ponorogo. Persinya di hutan belantara wilayah Pudak, Ponorogo, bagian timur. Berdasarkan informasi yang dihimpun, api telah membakar lokasi tersebut sejak empat hari lalu.

Sampai Jumat sore (25/10), api belum berhasil dipadamkan. ‘’Usaha yang kami lakukan dari TNI, Polri, dan BPBD yang tergabung dalam penanganan masalah kebakaran ini adalah melakukan pemantauan ke wilayah itu,’’ kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo Setyo Budiono.

Pihaknya mencatat, luas lahan hutan yang terbakar mencapai 16 hektare. Beruntung titik kebakaran jauh dari permukiman penduduk setempat. Dugaan sementara, penyebab kebakaran karena kelalaian manusia membuang puntung rokok. ‘’Petugas yang stand by di wilayah Pudak ini dari BPBD, Perhutani, dan TNI-Polri,’’ ujar Budi.

Selama kurun waktu Juni–September 2019, sudah puluhan hektare lahan hutan yang terbakar. Di antaranya, tiga hektare hutan lindung di Gunung Gamping. ‘’Kebakaran dipicu karena masyarakat membakar daun kering di kawasan perkebunan tanpa pengawasan yang tepat,’’ bebernya. (dil/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button