PeristiwaPonorogo

Ke Gontor, Menteri Susi Usung 5 Ton Ikan Tuna

PONOROGO – Mengonsumsi ikan berpengaruh sangat baik bagi kecerdasan, terutama anak-anak. Berbagai upaya terus dilakukan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) guna meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat. Salah satunya dengan mengirim ikan ke pondok pesantren (ponpes). ‘’Biar tidak makan tahu dan tempe saja,’’ kata Menteri Susi Pudjiastuti di Pondok Modern Gontor Ponorogo, Selasa (31/7).

Secara khusus, KKP memasok lima ton ikan tuna ke pondok Gontor. Dalam kesempatan tersebut, Susi mengungkapkan pada 2020 nanti Indonesia akan mengalami bonus demografi. Jumlah penduduk usia produktif mencapai 2/3 dari total jumlah penduduk. Itu harus diantisipasi dengan peningkatan kualitas SDM.

Karena itu, Susi memastikan ke mana pun ketika bepergian akan selalu mengampanyekan wawasan kelautan dan perikanan. Serta membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk makan ikan. ‘’Sekali-sekali bangsa kita yang punya, juga (boleh) mencicipi ikan tuna,’’ ujarnya.

Sebelumnya, program gemar makan ikan ini intens dikampanyekan Susi. Beberapa hari lalu, pihaknya membuat program bioflok dan meresmikan sentra kuliner di Jombang. ‘’Kami ingin semua gizi tambah di semua ponpes dan sekolah. Minggu lalu (29/7) kami juga kampanyekan gemar makan ikan di car free day,’’ terangnya.

Pihaknya juga akan membantu dengan segala cara jika seandainya Pondok Gontor mau belajar tentang pengembangan perikanan. Bantuan itu bisa diwujudkan melalui program bioflok. Yakni, program peternakan in house ikan lele. Menurut Susi, program ini sangat menguntungkan. Karena dapat menghasilkan sekitar tiga kuintal sampai satu ton lele dalam 100 hari. ‘’Saya harapkan program ini bisa diterapkan di sini (Gontor, Red),’’ ucap Susi. (her/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button