Advertorial

KB Bukopin Siap Menjadi Bintang Finansial Indonesia

JAKARTA, Jawa Pos Radar Madiun – Bank Bukopin secara resmi telah mengganti identitas perusahaan menjadi KB Bukopin. Selain itu, KB Bukopin juga merubah nama dan logo. Proses itu telah dilakukan pihak perseroan sejak dimulainya transformasi pada September 2020. KB Bukopin turut pula menetapkan tagline-nya “Bersama, Kita Bintang Finansialnya”.

Pengumuman perubahan nama dari Bank Bukopin menjadi KB Bukopin itu disampaikan perseroan pada Kamis (11/2) lalu melalui keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia. ‘’Pengumuman hari ini dilakukan untuk memenuhi ketentuan regulator dan menyampaikan secara luas kepada masyarakat akan branding baru KB Bukopin. Adapun perubahan di berbagai atribut fisik dan digital itu dilakukan bertahap,’’ kata Corporate Secretary KB Bukopin, Meliawati.

Pihaknya menyakini langkah transformasi yang dijalani dapat mewujudkan visi KB Bukopin menjadi Top 10 bank di Indonesia. Serta menjadi pemain digital utama bagi bisnis retail dan segmen UMKM. Ditambah dukungan dari pemegang saham pengendali, KB Kookmin Bank yang memiliki reputasi internasional dan terbukti berhasil memperluas ekspansinya di kawasan Asia Tenggara.

President Director KB Bukopin Rivan A Purwantono mengatakan, bahwa transformasi yang dijalankan tersebut merupakan proses yang komprehensif di berbagai lini di KB Bukopin. “Pergantian nama dan logo ini bukan sekadar simbol. Ini adalah bentuk keseriusan kami dalam melakukan transformasi untuk menjadi lebih baik lagi, dan wujud keyakinan KB Kookmin Bank dengan potensi yang kami miliki,’’ terangnya.

Sejak tahun 2018, lanjutnya, KB memutuskan berinvestasi di Bukopin. Mereka menyakini bakal terdapat kolaborasi yang baik. Kini sebagai pemegang saham pengendali, menurut Rivan, dukungan KB Kookmin Bank semakin solid.

‘’Kesamaan karakteristik lini bisnis di segmen retail dan UMKM, serta pangsa pasar yang dimiliki oleh KB Kookmin Bank dan KB Bukopin menjadikan kolaborasi yang sempurna dalam menciptakan pertumbuhan kinerja bisnis yang berkelanjutan ke depannya. Sehingga dengan penggunaan brand identity KB Bukopin, kami semakin optimis mampu perbaiki kinerja dan melayani nasabah dengan lebih baik lagi,’’ jelas Rivan.

Kini dalam realisasinya, KB Bukopin sejak beberapa bulan terakhir berhasil meraih nasabah baru dari korporasi Korea yang beroperasi di Indonesia berkat kuatnya reputasi brand KB. KB Kookmin Bank sebagai salah bank nomor satu dan di bawah naungan grup finansial terbesar di Korea Selatan telah memiliki basis nasabah yang kuat di berbagai negara. ‘’Dan, hal ini juga akan dikembangkan di Indonesia bersama KB Bukopin,’’ ujar Rivan.

Selain KB Bukopin, KB Kookmin Bank sebelumya telah memperluas jaringan dengan mengakuisisi bank di Tiongkok, Kamboja dan Myanmar. Sedangkan, kantor cabang KB Kookmin Bank di luar Korea sudah terdapat di 15 kota. Mulai dari Tokyo, Auckland, hingga New York dan London.

‘’KB Kookmin Bank dan KBFG memberikan dukungan yang luar biasa kepada kami. Termasuk dalam penggunaan brand identity KB. Dengan iklan KB Kookmin Bank yang ditayangkan di media sejak akhir Desember lalu dengan brand ambassadornya, BTS, ikut membantu familiaritas brand KB dan Bukopin secara paralel,’’ papar Rivan.

Karena itu, menurutnya, pengumuman penggantian identitas tersebut merupakan bagian dari milestone KB Bukopin. Rivan juga memastikan akan terus memanfaatkan momentum untuk meningkatkan performa guna menjaga kepercayaan masyarakat. ‘’Komitmen kami dengan brand KB Bukopin, bersama KB Kookmin Bank untuk menjadi bintang finansial Indonesia,’’ pungkasnya. (ti17/her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button