NgawiPeristiwa

Kawasan Hutan Desa Girimulyo Terbakar

NGAWI Api kembali bergeliat di lereng Lawu. Kali ini melahap kawasan hutan Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo. Kebakaran mulai Senin pagi (3/9) dan belum terhenti hingga Selasa petang (4/9). Bahkan, rembetannya terus meluas terbawa angin. ‘’Kepulan asap pertama terlihat dari bagian bawah-selatan hutan sekitar pukul 10.00,’’ kata Kades Girimulyo Agus Prasetyo, Selasa (4/9).

Agus memastikan lokasi kebakaran di sebelah barat hutan produksi di Dusun Kembang. Sembari memperkirakan kebakaran sudah membumihanguskan dua hektare lahan. Agus tak mengira kobaran api yang terlihat dari kejauhan itu semakin membesar malam harinya. ‘’Beruntung rembetan api tidak mendekat ke permukiman,’’ ujarnya.

Dari Dusun Kembang, kobaran api memang terlihat begitu jelas. Agus mengamini bahwa angin di desanya saat ini sedang kencang-kencangnya. Beruntung, tiupannya ke utara sehingga rembetan api tidak menuju permukiman. Namun, sekitar pukul 02.00 kemarin bunyi keretap kebakaran amat jelas terdengar dari Dusun Kembang.

Informasi yang dihimpun koran ini, lokasi kebakaran masuk wilayah KPH Lawu DS. Di petak 39 RPH Manyul, BPKPH Lawu Utara. Sayangnya, pihak KPH Lawu DS belum bisa dikonfirmasi hingga berita ini ditulis. Untuk mengurai penyebab kebakaran, luasan hutan yang terbakar, serta langkah penanggulangannya. ‘’Maaf Mas, saya sedang cuti,’’ kata Humas KPH Lawu DS Arifin via telepon  kemarin.

Bupati Ngawi Budi ’’Kanang’’ Sulistyono turut prihatin dengan kebakaran hutan di lereng Lawu tersebut. Dia mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Sebab, kebakaran sudah telanjur terjadi. Peningkatan kewaspadaan menjadi poin penting yang mesti dilakukan. ‘’Kami sudah koordinasi dengan Perhutani dan BPBD untuk selalu siaga. Apakah ini (kebakaran, Red) merupakan keteledoran manusia, belum bisa dipastikan,’’ tuturnya. (mg8/c1/fin)

 

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button