Ngawi

Kasuskan Dirut BPR Utomo Widodo

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Sarinten tidak pernah menyangka keputusannya pinjam duit ke Suci Sugiharti, direktur utama (Dirut) BPR Utomo Widodo, Ngawi, empat tahun silam berbuntut panjang. Dalam proses pelunasan awal tahun ini, perempuan 33 tahun itu tiba-tiba ditagih angsuran atas pinjaman Rp 290 juta di perusahaan perbankan tersebut.

Padahal, pinjaman Rp 30 juta dari Suci bersifat pribadi. Merasa ditipu, warga Desa Kersoharjo, Geneng, itu lantas melaporkan persoalan itu ke Satreskrim Polres Ngawi. ‘’Saya pinjam uang di rumahnya (Suci, Red). Tapi sekarang malah dianggap nasabah,’’ kata Sarinten, Kamis (10/6).

Sarinten sempat merunut kronologis utang-piutang itu. Pada akhir 2017 dia meminjam uang Rp 30 juta dengan jaminan sertifikat tanah. Duit itu untuk biaya merenovasi rumah. Kesepakatannya, pinjaman dilunasi selama tiga tahun dengan angsuran Rp 1.435.000 per bulan. ‘’Tiba-tiba ada orang datang ke rumah mengaku dari BPR Utomo Widodo. Dia memberi tahu kalau angsuran saya macet empat bulan, pinjamannya Rp 290 juta,’’ ujarnya.

Informasi itu membuat Sarinten kaget bukan kepalang. Dia lantas meminta penjelasan ke Suci. Akan tetapi, jawaban yang diberikan tidak membuatnya lega. Suci sebatas menjanjikan persoalan itu selesai dalam waktu dua pekan. Pun, tidak diberi penjelasan ihwal urusan yang awalnya utang-piutang pribadi menjadi bisnis perbankan. ‘’Sampai sekarang tidak ada kejelasan,’’ ucapnya.

Sarinten mengatakan, pelaporan sengaja baru dilakukan kemarin. Sebab, ingin melunasi terlebih dahulu utang Rp 30 juta. Pinjaman tersebut lunas Kamis pekan lalu (3/6). ‘’Pada 2019 saya sempat diminta tanda tangan di sebuah kertas kosong. Saya mengira itu buat persyaratan pinjam Rp 30 juta,’’ ungkapnya.

Terpisah, Faisol, kuasa hukum BPR Utomo Widodo, menghormati langkah Sarinten melaporkan Suci. Ihwal dugaan penipuan, dia bakal mengikuti jalannya proses hukum. ‘’Salah atau tidaknya biar pengadilan yang memutuskan,’’ katanya sembari menyebut Suci sudah empat bulan terakhir tidak masuk kerja. (mg5/c1/cor/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button