Ponorogo

Kasus Rebut Jenazah, Satu Orang Dinyatakan Positif Covid-19

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Aksi rebut jenazah suspect Covid-19 lalu mengundang petaka. Seorang dari delapan orang yang diketahui menjemput jenazah warga Desa Lembah, Babadan itu terkonfirmasi Covid-19. ‘’Kami lakukan tracing dan testing beberapa hari setelah penjemputan jenazah tersebut. Hasilnya satu dari delapan orang terkonfirmasi Covid-19,’’ kata Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo dr Rahayu Kusdarini, Rabu (12/5).

Saat penjemputan jenazah itu diduga mereka tidak menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Seperti tidak memakai pakaian hazmat seperti halnya petugas pemakaman dari BPBD maupun tenaga kesehatan (nakes) lain dalam menangani penderita Covid-19. ‘’Perlu kehati-hatian dalam menangani jenazah pasien baik yang terkonfirmasi maupun suspect Covid-19,’’ ujarnya.

Atas hasil pemeriksaan tersebut, pejabat yang akrab disapa Irin itu telah meminta pihak puksesmas untuk menemui penderita tersebut. Dari situ selanjutnya dilakukan isolasi mandiri atau karantina di tempat yang sudah disediakan pemkab. ‘’Kalau yang tujuh orang lainnya disarankan untuk tetap mematuhi prokes. Mereka diduga tidak melakukan kontak erat dengan jenazah,’’ kata Irin. (mg4/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button