Ponorogo

Kasus Kesembuhan Covid-19 Ponorogo Naik, Kematian Turun

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Tren angka ini lumayan melegakan. Tingkat kesembuhan (recovery rate) dari Covid-19 cenderung meningkat belakangan ini. Bersamaan itu, tingkat kematian (fatality rate) mulai menurun. Masih sulit diterka adalah tambahan kasus aktif harian yang fluktuatif.

Pun, pergerakan angka-angka itu sudah sesuai prediksi menjelang berakhirnya masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang jatuh temponya tepat hari ini (2/8). Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko juga tidak kaget tambahan kasus aktif harian yang masih naik turun. Dia berdalih lantaran masifnya upaya tracing (pelacakan) dan testing (pemeriksaan). ‘’Alhamdulillah upaya kami memaksimalkan 3T (tracing, testing, treatment, Red) mulai membuahkan hasil,’’ kata Sugiri, Senin (2/8).

Menurut dia, pasien-pasien terlacak Covid-19 dari pemeriksaan antigen maupun swab polymerase chain reaction (PCR) yang segera mungkin mendapat pengobatan, berdampak pada membaiknya recovery rate dan fatality rate. Pilihannya antara menjalani perawatan di rumah sakit rujukan, isolasi mandiri di rumah, atau di selter. ‘’Penanganan pandemi Covid-19 butuh kerja cepat,’’ jelasnya.

Bersamaan pemerintah gencar menggalakkan 3T dan masyarakat taat menegakkan protokol kesehatan (prokes), Sugiri optimistis Ponorogo segera terentas dari zona merah. Dari skor risiko penularan Covid-19 berdasarkan penghitungan belasan indikator epidemiologi, angkanya kini mencapai angka 1,78. Batas bawah skor zona oranye adalah 1,99. ‘’Bagaimana upaya yang ada berlangsung konsisten, itu saja kuncinya,’’ terang bupati.

Melansir data Jatim Tanggap Covid-19, tanda-tanda recovery rate naik mulai kentara 27 Juli lalu saat tercatat 60 pasien terinfeksi coronavirus sembuh dengan 14 kasus meninggal dunia. Disusul 29 Juli dengan 125 kesembuhan dan 13 kematian. Kasus meninggal dunia terus menurun berturut pada dua hari di akhir Juli hingga awal Agustus. Tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Ponorogo kini 60,41 persen dengan tingkat kematian 9,31 persen. (mg4/c1/hw)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button