Pacitan

Kasus Harian Tembus Ratusan, Pacitan Zona Merah

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Covid-19 terus menggempur Pacitan. Saban hari puluhan hingga ratusan warga terpapar virus korona. Hingga pertengahan Juli ini, kasus konfirmasi sudah tembus 945. Sebanyak 436 di antaranya masih menjalani perawatan di RSUD dr Darsono, wisma atlet, maupun isolasi mandiri. Kondisi itu kemudian berdampak pada berubahnya status persebaran Covid-19 Pacitan. Dari sebelumnya zona oranye berubah menjadi merah.

Plt Kadinkes Pacitan Hendra Purwaka tak menampik grafik sebaran Covid-19 terus meroket. Dari 10 hingga 20, meningkat pesat hingga ratusan kasus. Minggu lalu (18/7), misalnya, 145 orang dinyatakan terkonfirmasi. Turun sedikit dari Jumat (16/7) 180 positif. ‘’Tenaga medis sudah kelelahan. Bagaimanapun kami manusia,’’ tuturnya.

Hendra mengklasifikasi, dari temuan 180 kasus itu tak semuanya berdasarkan tracing lokal. Tercatat 24 orang dari rumah sakit di luar Pacitan. Pun, dari 145 data sebelumnya, sebanyak 48 di antaranya merupakan hasil swab petugas rumah sakit di Jakarta dan daerah lain. ‘’Memang saat ini konsepnya seperti itu. Di aplikasi Allrecord, data yang masuk berdasarkan KTP asal. Entah mereka sekarang tinggal di mana. Meski berada di Jakarta, kalau KTP-nya Pacitan, ya masuk sini,’’ bebernya. (gen/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button