Pacitan

Kasus Baru Korona Melonjak, Ranjang Pasien Ditambah Selusin

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Kapasitas tempat tidur di RSUD dr Darsono segera ditambah selusin. Penambahan 12 bed untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19 selama beberapa hari ke depan. ‘’Sementara kita tambah 12 dulu. Kalau masih kurang nanti kita tambah lagi 28,’’ kata Plt Kadinkes Pacitan dr Hendra Purwaka, Rabu (7/7).

Pihaknya juga bakal mengoptimalkan rumah sakit pelat merah itu sebagai pusat karantina Covid-19. Termasuk menyiapkan tenda darurat bila seluruh bed yang tersedia kembali terisi penuh. Menjadikan wisma atlet sebagai rumah sakit lapangan untuk merawat pasien gejala berat menjadi pilihan terakhir. ‘’Saat ini kita tunda dulu wisma atlet menjadi rumah sakit lapangan. Kita fokus ke rumah sakit saja,’’ ujarnya.

Sebelumnya, 25 bed sempat diproyeksikan bakal ditambah di Wisma Atlet Pacitan. Menampung luberan pasien dari RSUD dr Darsono. Beberapa alat kesehatan seperti tabung oksigen hingga ventilator rencananya juga bakal diboyong. Namun, rencana itu tak direstui bupati. ‘’Saat ini memang tak hanya kuantitas, tapi kualitas pasien korona juga ikut meningkat. Banyak pasien bergejala berat yang perlu perawatan,’’ ungkapnya.

Dinkes bakal menyiapkan pelatihan bagi tenaga medis di puskesmas. Agar fasilitas kesehatan (faskes) di setiap kecamatan menjadi tempat yang layak untuk penanganan korona. Jika rencana jangka panjang itu terwujud, tentu mempermudah penanganan Covid-19 ke depannya. ‘’Sementara belum boleh puskesmas dijadikan tempat isolasi. Tapi, petugasnya bisa dilatih agar nanti kalau diizinkan sudah siap,’’ tuturnya. (gen/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button