Madiun

Karena Korona, di Kabupaten Madiun Empon-Empon Juga Diburu Warga

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Pedagang empon-empon panen omzet. Ini tak lepas dari pemberitaan yang menyebut bahwa mengonsumsi empon-empon dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan virus korona alias Covid-19.

Beberapa jenis empon-empon yang laris manis antara lain jahe, laos, dan kunyit. Kenaikan bahkan mencapai dua kali lipat dari hari normal. Di Pasar Wungu, misalnya. Harga jahe tembus Rp 50 ribu per kilogram. Padahal, normalnya seharga Rp 35 ribu. ‘’Kalau jahe, sekarang banyak orang yang sekali beli tiga sampai lima kilo,’’ ujar Suyati, salah seorang pedagang empon-empon, Senin (9/3).

Beberapa konsumennya adalah penjual jamu. Tapi, ada di antaranya masyarakat umum. ‘’Biar laris, dari dulu baru kali ini harga empon-empon naik,’’ imbuhnya.

Sekretaris Disperdakop-UM Kabupaten Madiun Agus Suyudi menjelaskan, meningkatnya permintaan empon-empon imbas dari penyebaran virus korona. Yang mana empon-empon diyakini dapat meningkatkan imunitas. ‘’Akhirnya, banyak masyarakat yang beli kemudian harga naik,’’ katanya.

Kendati demikian, dia menyebut bahwa kenaikan harga empon-empon di pasaran masih normatif. Sebaliknya, Agus menyebut melonjaknya permintaan empon-empon memberi dampak positif bagi masyarakat. ‘’Yang jelas, tingginya permintaan saat ini tidak melebihi ketersediaan empon-empon,’’ tandasnya. (den/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button