Karakteristik Penelitian – Peneliti tidak memihak dan “menghilangkan” fenomena yang diteliti untuk mencapai objektivitas. Penelitian adalah alat utama. Pengumpulan data berdasarkan teori, keabsahan data berdasarkan validitas dan reliabilitas. fakta di bidang ini. Keabsahan data dicapai melalui triangulasi (kombinasi). Analisis data secara deduktif berdasarkan teori yang dibuat untuk membuktikan hipotesis dan teori. Analisis data induktif berdasarkan fakta yang diubah menjadi hipotesis dan teori. Hasil menekankan kemampuan generalisasi. Hasil penelitian menekankan pentingnya (Avison & Myers 2005; Blaikie 2000; Crotty 1998; Glesne & Peshkin 1992; Guba & Lincoln 1994; Leedy & Ormrod 2005; Miles & Huberman 1994).
(Avison & Myers 2005; Blaikie 2000; Crotty 1998; Glesne & Peshkin 1992; Guba & Lincoln 1994; Leedy & Ormrod 2005; Miles & Huberman 1994). KUALITATIF KUANTITATIF 1. Dilakukan untuk mengukur hubungan atau hubungan atau pengaruh antara dua variabel atau lebih. 1. Dilakukan pada lingkungan alami (bukan buatan) yang menjadi tempat terjadinya peristiwa dan perilaku manusia. 2. Fokus pada pertanyaan mengenai besarnya pengaruh atau eratnya hubungan antara dua variabel atau lebih. 2. Fokus menggali persepsi dan pengalaman partisipan (pihak yang terlibat) dalam penelitian.
Karakteristik Penelitian
4 KUALITATIF KUANTITATIF 3. Dilakukan untuk mengukur hubungan atau hubungan atau pengaruh antara dua variabel atau lebih. 3. Dilakukan pada lingkungan alam (bukan buatan/buatan), yaitu tempat terjadinya peristiwa dan tingkah laku manusia. 4. Fokus pada pertanyaan tentang besarnya pengaruh atau eratnya hubungan antara dua variabel atau lebih. 4. Fokus menggali persepsi dan pengalaman partisipan (pihak yang terlibat) dalam penelitian. 5. Teori merupakan titik tolak untuk menemukan konsep-konsep yang terkandung dalam teori, yang kemudian dijadikan variabel. (harus ada hipotesisnya) 5. Teori atau hipotesis tidak harus ada secara apriori
Memahami Riset Dan Karakteristiknya
5 KUALITATIF KUANTITATIF 6. Dilakukan untuk menguji hipotesis. 6. Dilakukan untuk mengembangkan teori. 7. Instrumen penelitian berupa angket atau angket. 7. Penelitian adalah alat penelitian yang utama untuk mengumpulkan data. 8. Data yang dikumpulkan berbentuk angka-angka, oleh karena itu data disajikan dalam bentuk tabel. 8. Data yang dikumpulkan bersifat deskriptif atau diuraikan dalam bentuk kata-kata, bukan angka. 9. Data yang dikumpulkan ditentukan oleh peneliti dalam hal pemilihan indikator atau atribut variabel yaitu jumlah dan jenis. 9. Data ditafsirkan secara idiografis, bukan untuk membuat atau merumuskan generalisasi.
6 KUALITATIF KUANTITATIF 10. Mengutamakan hasil penelitian dibandingkan proses 10. Proses penelitian sama pentingnya dengan hasil penelitian (produk). 11. Gunakan definisi operasional karena ingin mengukur variabel. Dimensi ke-11 karena Anda merekonstruksi interpretasi dan pemahaman menggunakan sumber data yaitu manusia. 12. Dengan tetap menjaga objektivitas dan kebenaran, derajat keyakinan ditentukan dari validitas dan reliabilitas. 12. Dengan tetap menjaga objektivitas dan kebenaran, derajat kepercayaan ditentukan melalui triangulasi. 13. Alur inferensi akhir merupakan proses deduktif yang merepresentasikan suatu konsep dan suatu variabel terhadap suatu data. . 13. Alur inferensi merupakan proses induktif yang terdiri dari data, variabel, dan konsep.
Masalah penelitiannya jelas. Memperoleh informasi yang komprehensif dari masyarakat. Mengetahui pengaruh perlakuan terhadap pengujian hipotesis. Memperoleh data yang akurat berdasarkan fenomena empiris dan terukur. Menguji keraguan terhadap validitas pengetahuan, teori, dan produk tertentu. Masalah penelitiannya masih belum jelas. Memahami pentingnya data yang terlihat. Memahami interaksi sosial. Memahami perasaan orang. Mengembangkan teori. Pastikan keakuratan data. Selidiki perkembangan sejarah
Agar situs web ini berfungsi, kami mengumpulkan data pengguna dan meneruskannya ke pemroses. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menyetujui kebijakan privasi kami, termasuk kebijakan cookie kami. Motivasi dan tujuan penelitian setiap orang berbeda-beda, dipengaruhi oleh profesi peneliti. Secara umum penelitian merupakan ungkapan keinginan manusia untuk selalu berusaha memahami sesuatu. Penelitian: Suatu kegiatan yang diawali dengan mengamati fakta-fakta menarik dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kemudian berusaha mencari jawaban atau pemecahannya dengan menggunakan pengetahuan yang ada.
Ciri Ciri Dan Karakteristik Penelitian Kuantitatif & Kualitatif
Pengamatan fakta, identifikasi masalah, dan upaya menjawab masalah dengan pengetahuan. Tujuan penelitian: untuk memperoleh pengetahuan yang dapat menjawab pertanyaan atau memecahkan masalah. Tujuan penelitian jangka panjang adalah untuk memperluas pengetahuan. Penelitian berarti mencari solusi terhadap permasalahan.
4 Buckley dkk. Definisi penelitian: penyelidikan sistematis untuk memperluas pengetahuan. Saat ini: upaya sistematis dan terorganisir untuk menyelidiki masalah tertentu yang memerlukan jawaban.
Tujuan penelitian: mengembangkan pengetahuan dan memecahkan masalah atau menjawab pertanyaan penelitian. Suatu ilmu yang mempunyai kriteria tertentu. Penelitian pada dasarnya berarti operasionalisasi metode untuk memperoleh pengetahuan ilmiah (scientific method).
7 Metode Penelitian (1) Metode Ilmiah : Tata cara atau cara tertentu untuk memperoleh ilmu pengetahuan, yang disebut ilmu pengetahuan (scientific pengetahuan). Sains Bagian pengetahuan yang memberikan informasi tentang fakta atau fenomena alam.
Karakteristik Data Penelitian
Pengetahuan untuk dapat digolongkan sebagai ilmu harus memenuhi dua kriteria: Rasional: disusun melalui pemikiran dan penalaran yang logis atau rasional. Diuji: disusun berdasarkan fakta atau fenomena empiris. sumbu) dan pemikiran empiris (sumbu horizontal)
Sains adalah pengetahuan teoritis yang menjelaskan (dan memprediksi) fenomena alam. Pengembangan ilmu pengetahuan meliputi dua aspek yaitu penyusunan konstruksi teori, pengujian, verifikasi atau evaluasi konstruksi teori. Fakta atau fenomena dalam kehidupan tidak bersifat statis, sehingga ilmu pengetahuan harus selalu dikembangkan sesuai dengan perubahan fenomena alam. Untuk mengembangkan teori dalam sains, teori tersebut harus dievaluasi atau diuji untuk menentukan apakah masih relevan. Teori ini.
10 Lalu… Proses pengembangan ilmu pengetahuan yang meliputi penyiapan dan pengujian konstruksi teori dilakukan melalui penelitian. Relevansi penelitian terletak pada operasionalisasi proses pengembangan ilmu pengetahuan. Peranan penelitian dalam pengembangan ilmu pengetahuan menunjukkan adanya keterkaitan yang erat antara penelitian dan ilmu pengetahuan.
Ini adalah studi sistematis tentang suatu masalah tertentu dengan menggunakan metode ilmiah. Mengumpulkan bukti-bukti yang cukup dan representatif sebagai dasar pengambilan kesimpulan. Penggunaan penalaran yang logis dan tidak memihak (bias) dalam mengambil kesimpulan. Tahapan proses penelitian. Penelitian masalah penelitian. Analisis teoretis. Tes simpul data.
Karakteristik Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif
Pengenalan masalah dan pemecahan masalah Pengenalan masalah: Identifikasi bidang masalah Pemilihan/penentuan pokok masalah Perumusan masalah/pertanyaan penelitian Penelitian teoritis/telaah pustaka Pengembangan kerangka teori dan hipotesis.
15 Paradigma Penelitian Paradigma merupakan suatu kerangka pemikiran yang menjelaskan bagaimana peneliti melihat fakta kehidupan masyarakat dan bagaimana pandangan peneliti terhadap ilmu pengetahuan atau teori. dengan metode statistik. Contoh: Penelitian Deduktif Paradigma Perspektif Kualitatif/Konstruktif/Naturalistik/Interpretatif/Postmodern: Penekanan pada pemahaman permasalahan dalam kehidupan bermasyarakat berdasarkan situasi realitas atau lingkungan alam yang holistik, kompleks dan rinci. Contoh: penelitian induktif
Paradigma kuantitatif Paradigma kualitatif Realitas obyektif dan berdimensi tunggal Realitas subjektif dan banyak dimensi Peneliti tidak bergantung pada data/fakta yang diteliti. Peneliti terhubung dengan data/fakta yang diteliti. Tidak menghakimi dan tidak memihak. Tidak gratis. nilai dan bias Pendekatan deduktif Pendekatan induktif Uji teori dengan analisis kuantitatif Uji teori dengan analisis kualitatif
Agar situs web ini berfungsi, kami mengumpulkan data pengguna dan meneruskannya ke pemroses. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menyetujui kebijakan privasi kami, termasuk kebijakan cookie kami.
Perbedaan Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Bagian Ii
Karakteristik zodiak, karakteristik penelitian kuantitatif, karakteristik leo, karakteristik taurus, karakteristik penelitian yang baik, karakteristik aries, karakteristik penelitian eksperimen, karakteristik limbah, karakteristik penelitian pendidikan, karakteristik sagitarius, karakteristik libra, pengertian karakteristik penelitian