News

Karakteristik Benua Antartika

×

Karakteristik Benua Antartika

Share this article

Karakteristik Benua Antartika – Benua Antartika sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Dunia ini mempunyai banyak sekali benua yang terkenal, salah satunya adalah Antartika. Antartika adalah tempat yang memiliki banyak rahasia tersendiri.

Bukan hanya misteri saja, tapi mengapa di tempat ini banyak sekali hal istimewa yang tidak ada di tempat lain. Hal ini tentu membuat para peneliti tertarik untuk melakukan berbagai penelitian.

Karakteristik Benua Antartika

Antartika dikenal memiliki banyak keistimewaan unik dan misterius. Benua di ujung selatan dunia ini menyimpan banyak hal menarik.

Perubahan Dan Interaksi Benua Asia Dan Benua Laiannya Online Exercise For

Benua ini merupakan benua terbesar kelima di peta dunia. Luas permukaan benua ini sekitar 14 juta km persegi. Setiap tahun Antartika bisa mencapai -68 derajat Celcius.

Namun diketahui di seluruh dunia bahwa penemuan Antartika pertama kali terjadi pada tahun 1911. Orang pertama yang mencapai Antartika adalah pada tanggal 14 Desember 1911.

Orang pertama yang menginjakkan kaki di benua ini adalah penjelajah Norwegia Roald Amundsen. Tahun itu, Roald Amundsen menyalip penjelajah Inggris Robert Falcon Scott.

Namun ada sejarah yang menyebutkan bahwa orang muslim pertama yang mencapai Antartika adalah Piri Reis. Piri Reis berhasil menjelajahi dunia, termasuk Antartika.

Mengenal Nama Nama Benua Beserta Karakteristiknya Halaman 2

Benua Antartika memang misterius dan menyimpan banyak fakta menarik. Benua pertama ini ditemukan berdasarkan teori negara-negara barat. Itu adalah teori benua terbesar dari barat benua.

Antartika dikenal sebagai Terra Australis. Terra Australis berarti benua di ujung selatan dunia. Saat itu, kata Antartika awalnya berarti kebalikan dari Lingkaran Arktik.

Antartika mempunyai keunikan yang tidak terdapat di benua lain. Tren ini mungkin merupakan tanda bahwa Antartika adalah benua yang terpisah. Berikut ini adalah berbagai keistimewaan yang perlu Anda ketahui tentang Antartika.

Jadi cuaca, iklim dan suhu di benua ini hanya ada salju. Selain itu, iklim Antartika dikenal ekstrim dengan musim dingin yang sangat dingin. Oleh karena itu, kawasan tersebut tidak cocok untuk berbagai ekosistem.

Karakteristik Benua Amerika Dan Letak Astronomisnya

Bahkan Antartika tidak memiliki penduduk asli. Biasanya masyarakat yang tinggal di Antartika hanyalah ilmuwan atau penjelajah. Ilmuwan dan penjelajah hanya menempati benua tersebut dalam jangka waktu tertentu.

Baca Juga  Jarak Interval 2 Memiliki Nama

Antartika tidak termasuk dalam negara mana pun di dunia. Meski demikian, sudah banyak negara yang melakukan penelitian, namun masih belum ada satu negara pun yang mengetahui kepemilikan Antartika.

Namun ada beberapa negara yang memiliki lokasi kontinental sebagai pusat penelitian. Negara-negara berbeda tersebut adalah Amerika, Inggris, Perancis dan Jerman.

Benua Antartika diketahui hanya memiliki vegetasi tundra. Tundra adalah salah satu dari sedikit tumbuhan lumut yang dapat bertahan hidup di suhu ekstrim seperti Antartika. Tanaman tundra dapat hidup di daerah yang suhunya dibawah 0 derajat Celcius.

Samudra Antartika: Karakteristik

Hal ini dikarenakan iklim kontinental memiliki medan dan angin kencang. Iklim bumi dan angin kencang memudahkan tanaman tundra untuk bertahan hidup.

Antartika merupakan salah satu wilayah dengan salju permanen setiap tahunnya. Salju abadi di Antartika ini disebabkan karena sebagian besar daratannya berada di selatan garis khatulistiwa.

Demikian ulasan tentang sejarah, teori, dan ciri-ciri khusus benua Antartika. Antartika berada di bagian selatan dunia. Benua ini adalah salah satu yang terbesar di dunia. Banyak penelitian telah dilakukan untuk menemukan banyak fakta menarik tentang benua ini. (R10/HR-Online) Apakah Anda menyukai buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda online secara gratis dalam hitungan menit! Buat buku flip Anda sendiri

KARAKTERISTIK BENUA ANTARTIK menurut golongan 6 : Al Ichsan Julia Rahma Siti Cahya Dea Agustin Nadira Shahira Yusi Yusnita Zalfa Rizqi

Inilah 7 Karakteristik Benua Eropa

 Benua Antartika merupakan benua yang menutupi kutub selatan bumi. Tempat terdingin di dunia. Sebagian besar wilayah negara ini tertutup es sepanjang tahun. Oleh karena itu, tidak ada orang yang pernah tinggal di sana.  Wilayah Antartika adalah benua paling selatan di bumi. Hampir seluruh wilayahnya berada di Lingkaran Antartika dan dikelilingi oleh Samudera Pasifik, Samudera Atlantik, dan Samudera Hindia.

SEJARAH BENUA ANTARKTIK  Antartika berasal dari kata Yunani ‘Antartikos’, kebalikan dari kata Arktik (Kutub Utara/wilayah utara di atas dunia).  Sejarah Antartika dimulai dari teori barat ‘Terra Australis’, yaitu tentang benua terjauh dan paling selatan di dunia.  Pada tanggal 14 Desember 1911, penjelajah Norwegia Roald Amunsen adalah orang pertama yang mencapai Kutub Selatan.

KONDISI ALAM  Luas permukaan Antartika sekitar 14.000.000 km² (280.000 km² tanpa es dan 13.720.000 tertutup salju). Ketebalan rata-rata salju adalah 2.440 m. Inilah sebabnya mengapa Antartika menjadi tempat terdingin di dunia. Pasalnya tempat tersebut tertutup salju yang turun sepanjang tahun.  Terdapat banyak gunung di Antartika, seperti Gunung Massif (5.140), Gunung Krickpatrick (4.528), Gunung Marcham (4.350), Gunung Jackson (4.189), Gunung Weda (3.742).

Baca Juga  My Teacher Me About This Mathematic Last Year

KONDISI IKLIM  Suhu di Antartika mencapai -85º dan -90º pada musim dingin, dan di atas 30º pada musim panas. Bagian tengahnya kering dan dingin dengan sedikit hujan. Rekor hujan salju mencapai 48 inci dalam 48 jam.  Cuacanya merupakan kombinasi badai salju, angin sangat dingin, dan angin kencang.

Kak Tolong Aku Kak Besok Dikumpulkan Kak​

KEADAAN PENDUDUK  Karena cuaca ekstrim dan hampir seluruh negara tertutup salju tebal. Antartika sebenarnya tidak cocok untuk tempat tinggal manusia. Namun, masih banyak orang yang tinggal di Antartika semata-mata untuk berwisata dan melakukan penelitian.  Pada tahun 2015, sekitar 500.000 orang tercatat tinggal sementara di Antartika.

FLORA Karena wilayahnya tertutup salju. Tidak ada jenis bunga yang bisa tumbuh di Antartika. Meski ada, namun hanya berupa lumut yang menempel di bebatuan.

FAUNA Seperti halnya tumbuhan, banyak hewan yang tidak dapat bertahan hidup karena cuaca dingin dan basah. Namun, masih ada hewan yang bisa hidup di Antartika. Yakni penguin, anjing laut, dan paus.

PENGALAMAN PERJALANAN DI BENUA ANTARKTIK  Kawasan Antartika juga mempunyai banyak tempat wisata yang menarik. Diantaranya, Port Lockroy dan Grytviken.

Berebut Kaveling Di Antartika: Demi Penelitian Atau Minyak?

KEMAJUAN DAN POTENSI  Tidak ada yang mengetahui bahwa terdapat banyak potensi sumber daya seperti cadangan emas, bijih besi dan logam mulia lainnya.  Banyak komunitas di seluruh dunia yang mencintai alam. Argumennya adalah Antartika harus menjadi tempat yang damai tanpa segala macam pembangunan dan pertambangan.

KARAKTERISTIK BENUA ANTARTIK  Satu-satunya tempat yang tidak mempunyai zona waktu.  Lapisan es telah ada selama sekitar 40 juta tahun.  Sebagian es Antartika telah mencair akibat pemanasan global.  Mencairnya es juga mempengaruhi gravitasi di kawasan tersebut  Terdapat 300 danau di Antartika yang tidak membeku karena terlindungi dari pemanasan global.

Baca Juga  Tempurung Kelapa Yang Cocok Digunakan Untuk Kerajinan Limbah Adalah

CIRI-CIRI KHUSUS BENUA ANTARKTIK  Antartika mempunyai layanan telepon seluler yang dapat dihubungkan melalui telepon seluler dengan teknologi AMPS. Hal ini memudahkan masyarakat yang ingin bepergian.  Selain itu, ada juga dua maskapai yang bersedia terbang di atas Antartika untuk menikmati pemandangan dari udara, yakni Qantas Airlines dan Air New Zealand. Hal ini dikarenakan terjadi kecelakaan dan pesawat harus mendarat.Di bumi tempat kita tinggal terdapat 6 benua yaitu benua Asia, benua Amerika, benua Eropa, Afrika, benua Australia dan Antartika. benua Hampir seluruh benua di bumi dihuni oleh manusia, namun ada satu benua yang tidak ada manusianya, yaitu benua Antartika. Ada beberapa warga yang tinggal di sana, namun bukan warga negara, yang menjadi peneliti di stasiun penelitian di benua Antartika. Benua Antartika tidak layak huni seperti lima benua lain di bumi. Hal ini disebabkan oleh sifat benua Antartika yang tertutup oleh es permanen. Salju permanen yang menyelimuti benua ini membuat suhu di Antartika sangat dingin, bahkan hingga -70.

Air yang dimaksud adalah air. Benua Antartika jarang mendapat sinar matahari. Sulitnya mencari air di benua Antartika karena minimnya sinar matahari. Kurangnya sinar matahari menyebabkan sulitnya terbentuknya uap air yang merupakan salah satu jenis hujan.

Mengenal Samudra Baru Di Dunia

Air terjun “Darah” ini mempunyai tinggi 30 meter dimana air yang mengalir berwarna merah sehingga peneliti menjulukinya air terjun darah.

Peristiwa langka ini terlihat jelas di awal air terjun merah ini. Erin Petit dan timnya melakukan penelitian dan berhasil memastikan bahwa air terjun tersebut disebabkan oleh tekanan es yang memerangkap air di danau tua di bawah es.

Benua Antartika merupakan tempat bertemunya garis bujur bumi. Artinya tidak ada batasan waktu. Secara teori, benua Antartika bisa menggunakan zona waktu mana pun di dunia. Periode waktu di benua Antartika menggunakan klaim geografis. Beberapa stasiun di Antartika antara lain menggunakan waktu regionalnya sendiri

Letak benua antartika, fakta tentang benua antartika, karakteristik samudra antartika, batas batas benua antartika, letak geografis benua antartika, penemu benua antartika, benua antartika, negara di benua antartika, negara benua antartika, luas benua antartika, tentang benua antartika, peta benua antartika

News

Apa Itu Boti – Danang Wisnu mendapat sambutan…