Madiun

Kantor Pos Salurkan BST kepada 42 Ribu Kepala Keluarga di Madiun

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) terus mengucur. Penyaluran stimulus dari pemerintah itu kini memasuki tahap 14 dan 15. Sebanyak 42.633 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kota dan Kabupaten Madiun yang sudah terdata di Kemensos yang berhak menerima bantuan senilai Rp 600 ribu. ”BST disalurkan lewat kantor pos terhitung sejak Maret 2020,” kata Kepala Kantor Pos Kota Madiun Hadi Ernowo, Kamis (22/7).

Hadi menuturkan, meski dalam kondisi PPKM darurat, penyaluran BST tahap 14 dan 15 tetap dilakukan. Pun, dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Juru bayar, misalnya, harus sudah menjalani rapid test antigen dengan hasil negatif dan telah tervaksin.

Dia menambahkan, penyaluran bantuan melibatkan 15 tim beranggotakan 30 orang. Mereka dipecah dalam kelompok terdiri dua petugas untuk tiap desa atau kelurahan. ”Dalam satu hari meng-handle dua sampai 3 tempat. Satu jamnya menangani 50 orang,’’ terangnya.

‘’Nah, kalau dalam satu desa atau kelurahan ada 400 KPM, kami buat dua hari agar tidak terjadi kerumunan. Estimasi penyaluran untuk satu KPM hanya 1-2 menit,” imbuh Hadi sembari menyebut BST tahap 14 dan 15 disalurkan hingga 31 Juli mendatang.

Pihaknya juga memberikan kemudahan bagi KPM yang tengah sakit. Yakni, dilayani secara door-to-door. Mekanismenya, mereka menunjukkan surat pemberitahuan dan KTP atau KK asli. Lalu, dikroscek dengan data nominal (danom), kemudian tanda tangan dan cap jempol. Setelah itu, petugas melakukan scan barcode surat pemberitahuan dengan android serta memotret close up KPM memegang KTP/KK asli dan uang yang diterima.

Hadi menambahkan, penyaluran BST tahap 14 dan 15 sejauh ini baru menjangkau wilayah Kabupaten Madiun dengan KPM sekitar 1.500. ”Untuk Kota Madiun masih proses. Nanti bagi yang berhalangan kami layani sampai dengan 8 Agustus,” pungkasnya. (irs/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button