Magetan

Kantong Parkir Sarangan Dilengkapi Banyak Fasilitas tapi Nihil Toilet

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Dugaan salah perencanaan mengemuka dari proyek kantong parkir baru Telaga Sarangan. Dengan anggaran total mencapai Rp 2,55 miliar, wakil rakyat tak mendapati satu pun keberadaan toilet di perencanaan. ‘’Walaupun kecil dan terkesan sepele, tapi penting untuk melayani wisatawan,’’ kata Ketua Komisi B DPRD Magetan Hari Gitoyo, Rabu (6/10).

Hari dan koleganya dari komisi B sempat meninjau pelaksanaan proyek di Plaosan tersebut Selasa (5/10). Pembangunan kompleks kantong parkir baru ditangani empat rekanan sekaligus. Betapa terkejutnya Hari ketika melihat desain area parkir baru Sarangan itu. ‘’Kok bisa tidak ada satu pun toilet yang masuk perencanaan,’’ herannya.

Area parkir senilai Rp 1,4 miliar dikerjakan CV Wilis Jaya Utama. Pembangunan plaza kuliner Rp 577 juta ditangani PT Maritza Multi Mandiri. Sedangkan kios cenderamata dibangun CV Bangkit Karya Perkasa dengan anggaran Rp 324 juta. Sementara gazebo dibangun CV Indo Karya dengan anggaran Rp 255 juta. Keempat proyek harus sudah tuntas sebelum 14 Desember.

Ironisnya, tak satu pun dari keempat rekanan ditugasi membangun toilet sesuai perencanaan dari dinas pariwisata dan kebudayaan (disparbud). Hari tak habis pikir dengan lemahnya detail perencanaan pembangunan kantong parkir baru Sarangan. ‘’Apa wisatawan harus menahan buang air karena tidak ada toilet,’’ ujar politisi Partai Demokrat itu. (mg5/c1/naz/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button