Pacitan

Kans Aji Kantongi Restu Demokrat

99 Persen Yakin Direkom DPP

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – DPP Partai Demokrat memang belum memutuskan secara resmi soal rekomendasi calon bupati (cabup) Pacitan. Namun, Indrata Nur Bayu Aji sudah merasa percaya diri rekomendasi dari pucuk partai berlambang bintang mercy itu bakal jatuh kepadanya.

Optimisme itu dia sampaikan dalam sebuah acara jumpa pers di pendapa SBY, Kelurahan Ploso, Kecamatan Pacitan, Selasa (21/7). ‘’Dengan melihat hasil seleksi yang sudah berjalan, serta bertolok ukur hasil survei yang ada, saya optimistis 99 persen yakin,’’ kata keponakan SBY itu.

Aji memperkirakan rekomendasi bakal turun dalam waktu dekat. Keputusan partai itu akan dijadikan modal untuk menjaring suara masyarakat. ‘’Saya berharap, dengan (mungkin) banyaknya calon (bupati) yang ada, kondusivitas Pacitan dapat terus terjaga,’’ ujar ketua DPRD Pacitan tersebut.

Sekalipun sudah merasa yakin soal rekomendasi bacabup, namun Aji masih enggan bicara soal kriteria bacawabup pilihannya. Dia menyerahkan proses tersebut ke DPP. ‘’Yang jelas, saya tetap AE 1 (bacabup Pacitan, Red). Hal itu karena ada dorongan dari masyarakat dan keluarga. Juga selama ini proses yang telah kami lalui tujuannya adalah saya menjadi AE 1 Pacitan,’’ tegasnya. (gen/c1/her)

Didukung Sembilan Parpol

SEJUMLAH partai politik (parpol) memang sudah sepakat berkoalisi untuk mengusung bacabup Indrata Nur Bayu Aji. Namun, untuk kemudian bisa permanen, koalisi baru itu harus menjalani tes yang tak mudah. Yakni, penentuan nama yang akan diusung bersama untuk mendampingi ketua DPRD Pacitan tersebut.

Sejumlah partai tentu ingin menjadikan kader atau nama yang diusungnya untuk menjadi wakil. Masalahnya, dengan banyak partai, bisa jadi menentukan pendamping cabup akan cukup alot. Lobi politik harus menemukan titik temu di antara banyak kepentingan tersebut.

Saat ini sudah ada sembilan parpol yang merapat ke keponakan SBY tersebut. Meliputi Hanura, PPP, Gerinda, PAN, Perindo, Berkarya, PBB, PKPI, dan PSI. Dari situ Aji mendapatkan tambahan dukungan tujuh kursi. Masing-masing dari Hanura 3 kursi, PPP (2), dan Gerindra (2). ‘’Kami merasa baru Mas Aji yang berani dan tegas. Karena memang sejatinya dukungan dari partai luar itu diperlukan,’’ kata Ketua DPC Partai Hanura Pacitan Nur Sigit Effendi Selasa (21/7).

Dia mengaku partainya memang sudah merekomendasikan posisi bacabup untuk Aji. Namun, Sigit menampik partainya mencoba bargaining kepada partai lain. Sebab, Hanura sementara memiliki tiga kursi di parlemen, paling banyak di antara delapan parpol lain pengusung Aji sebagai bacabup. ‘’Untuk posisi bacawabup, sepenuhnya kami menyerahkan keputusan kepada Mas Aji,’’ ujar Sigit. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close