Magetan

Kang Woto Pilih Choirul Anam sebagai Dirut PDAM Lawu Tirta Magetan

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Moh. Choirul Anam berhasil menyingkirkan empat rivalnya dalam tahap akhir seleksi terbuka direktur utama PDAM Lawu Tirta Magetan. Bupati Magetan Suprawoto memilihnya untuk menggantikan kursi yang ditinggalkan Welly Kristanto.

Penentuan itu dilakukan pada tahap wawancara Rabu lalu (5/8). Lantas apa pertimbangan Suprawoto menjadikan orang dalam PDAM itu sebagai dirut? “Mencari direktur yang berintegritas harus selektif,” kata bupati.

Kang Woto -sapaan Suprawoto- mengatakan, Anam sempat menceritakan permasalahan yang kini tengah dihadapi PDAM. Sekitar 2.000-3.000 pelanggan baru tengah menanti pelayanan. Namun, PDAM belum bisa melayani. Kang Woto heran mengapa hal itu bisa terjadi. Terlebih, Anam yang notabene orang dalam malah tidak berbuat apa-apa. Rupanya, posisi Anam yang belum berada di top manager alias hanya kabag umum personalia mengikat kedua kakinya. “Itu logika yang disampaikan. Saya juga melihat kejujurannya, sampai di mana,” ujarnya.

Kang Woto menambahkan, dia mengaku bimbang untuk menentukan siapa yang akan menakhodai PDAM. Pasalnya, kelima kandidat yang disodorkan panitia seleksi terbuka memiliki keunggulan dan pengalaman masing-masing. Dua orang internal sudah tahu seluk-beluk PDAM. Sedangkan tiga orang eksternal memiliki pengalaman. Akan tetapi, jika memilih eksternal ada pertimbangan lain, yakni mencari rekam jejak yang bersangkutan. “Kalau boleh perusahaan itu lima orang, lima-limanya saya pilih. Karena bagus semua,” ungkapnya.

Bahkan, mantan sekjen Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) itu sempat menolak ketika diminta untuk mewawancarai lima kandidat dirut PDAM. Dia memercayakannya kepada pansel yang sudah dibentuk. Namun, lantaran permendagri mengamanahkan tahapan wawancara harus dilakukan kepala daerah, Kang Woto mau tak mau mewawancarai lima calon dirut. “Secara pribadi saya harus tahu siapa di antara mereka yang bisa menerjemahkan visi misi saya. Harus membawa PDAM pada perubahan,” pungkasnya. (bel/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button