Advertorial

Kanang Sukses Majukan Pariwisata Ngawi

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Sumbangsih Bupati Budi ’’Kanang’’ Sulistyono begitu besar dalam memajukan pariwisata Ngawi. Salah satu sumbangsih pentingnya adalah membuka Benteng Van den Bosch untuk umum. Berbagai upaya pelestarian juga diperjuangkan oleh Kanang. ‘’Pak Kanang sangat peduli terhadap pelestarian Benteng Van den Bosch,’’ kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Raden Rudi Sulisdiana.

Sebelumnya, aset Mabes TNI itu selama puluhan tahun dijadikan markas militer dan gudang persenjataan. Di era Kanang, pemkab mendapat restu pemanfaatan kompleks yang juga dikenal dengan sebutan Benteng Pendem itu. Presiden Joko Widodo bahkan sempat mengunjungi Benteng Pendem 2019 lalu. ‘’Akhirnya mendapat bantuan revitalisasi senilai ratusan miliar rupiah,’’ ujarnya.

Tak hanya menggarap Benteng Pendem, Kanang juga memermak banyak objek wisata di Ngawi. Pada 2015 lalu Ngawi hanya memiliki 12 objek wisata. Kini berkembang menjadi 37 destinasi. Jumlah wisatawan meningkat hingga 250 ribu orang per tahun.

Berbagai event tahunan rutin dihelat demi mendongkrak kunjungan wisatawan. Misalnya, tradisi Kedhuk Beji, Ngawi Batik Fashion Show, dan lainnya. Kedhuk Beji bahkan mendapat Anugerah Kebudayaan dari Kemendikbud. Tradisi itu juga dinobatkan sebagai warisan budaya tak benda (WBTB). ‘’Banyak penghargaan diperoleh berkat Ngawi aktif dalam melestarikan berbagai situs bersejarah dan berbagai event tradisi,’’ terangnya.

Ngawi juga langganan menyabet berbagai penghargaan lain di bidang pariwisata dan kepemudaan. Misalnya, Anugerah Wisata Jatim, Raka-Raki Jatim, Kabupaten Layak Pemuda, hingga Pemuda Pelopor Bidang Inovasi Teknologi Tingkat Nasional. Ngawi juga sempat mencatatkan tiga rekor MURI untuk pergelaran tari orek-orek dengan jumlah penari terbanyak (15 ribu penari), pergelaran wayang kulit dalang bocah dengan kelir mencapai 150 meter, juga penerbangan paramotor dengan penerbang 44 pilot. (odi/c1/naz/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button