Ngawi

Kanang Lantik 11 Kades Baru

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Prioritas kerja kepala desa kini mengalami pergeseran. Jika sebelumnya mengutamakan pembangunan infrastruktur, kali ini fokus pada penanganan bidang kesehatan, khususnya menekan persebaran virus korona.

‘’Baik yang saat ini dilantik maupun kades yang sekarang masih menjabat, konsentrasi utama adalah penanganan Covid-19,’’ kata Bupati Budi ’’Kanang’’ Sulistyono saat melantik 11 kepala desa (kades) baru di Pendapa Wedya Graha Senin (1/2).

Ya, sebanyak 11 cakades terpilih hasil pilkades serentak Desember 2020 lalu kemarin resmi menjabat kades. Mereka masuk daftar cakades terpilih yang dilantik pada gelombang pertama. Tiga di antaranya dari Kecamatan Padas, yakni Tungkulrejo, Sukowiyono, dan Pancing. Sisanya dari delapan desa di delapan kecamatan berbeda

Kanang menyebutkan, dana desa kini dapat dialokasikan untuk penanganan Covid-19. Mulai sosialisasi protokol kesehatan, pengadaan disinfektan, hingga bantuan langsung tunai (BLT) untuk jaring pengaman sosial selama masa pandemi. ‘’Akan menjadi tantangan bagi setiap kades karena saat ini sedang mengalami krisis kesehatan, ekonomi, dan pendidikan,’’ ungkapnya.

Kendati demikian, Kanang meminta para cakades terpilih tidak melupakan pembangunan infrastruktur bidang pertanian. Sebab, sektor pertanian terbukti paling survive dalam krisis akibat pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Ngawi Kabul Tunggul Winarno menjelaskan, pelantikan cakades terpilih kali ini dibagi dalam dua gelombang. Pasalnya, di beberapa desa masa jabatan kadesnya baru habis pada Maret mendatang. ‘’Selain itu, memudahkan penerapan protokol kesehatan karena undangannya terbatas,’’ tuturnya. (mg3/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close