Advertorial

Kanang Apresiasi Media Ikut Kampanyekan Prokes

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Keseharian Bupati Budi ”Kanang” Sulistyono tidak pernah lepas dari koran. Tidak tanggung-tanggung, saban hari dia melahap berita-berita terkini dari tiga media cetak berbeda. ‘’Informasi yang disuguhkan media cetak menjadi rujukan utama untuk mengetahui apa yang terjadi di Ngawi,’’ ujar Kanang Senin (8/2).

Kanang mengatakan, memasuki era reformasi -tepatnya setelah dibubarkannya Departemen Penerangan- pers tumbuh subur di Indonesia. Tak ayal jika kemudian muncul kompetisi antarmedia dalam menyajikan berita semenarik mungkin untuk memikat pembaca. ‘’Oleh sebab itu, pemilik media harus pintar berinovasi dengan tetap menyajikan informasi yang tepercaya,’’ tuturnya.

Tantangan lain, kata dia, adalah maraknya penggunaan media sosial (medsos) yang memungkinkan tersebarnya informasi dalam hitungan detik. ‘’Bahkan, melalui fitur live streaming medsos, orang bisa mengetahui secara langsung peristiwa apa yang sedang terjadi di suatu daerah tanpa harus ke sana,’’ paparnya sembari menyebut media pers juga berfungsi sebagai sarana kontrol program dan kebijakan pemerintahan.

Bersamaan momen Hari Pers Nasional (HPN), Kanang berharap para jurnalis menyajikan berita yang berimbang dan teruji dengan cara mencari konfirmasi ke beberapa narasumber. ‘’Sehingga media cetak tetap eksis sebagai rujukan informasi masyarakat,’’ tegasnya.

Dia tidak memungkiri media cetak hingga kini mempunyai peran penting menyaring informasi yang berkembang di masyarakat. Pun, di masa pandemi Covid-19 ikut mengampanyekan dan menyosialisasikan protokol kesehatan (prokes) sebagai pencegahan persebaran virus korona. ‘’Kita harus kompak dan bahu-membahu dalam menghadapi ancaman krisis kesehatan dan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 ini,’’ pungkasnya. (mg3/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button