Magetan

Kalau Revitalisasi Goal, Ada Kereta Gantung Hubungkan Telaga Sarangan ke Wahyu

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Butuh anggaran besar untuk memuluskan revitalisasi Telaga Sarangan. Apalagi, Pemkab Magetan menyodorkan tujuh item pembangunan dalam masterplan revitalisasi telaga tersebut. ‘’Tentu mengandalkan APBN saja tidak akan cukup,’’ kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Joko Trihono, Senin (15/3).

Salah satu yang cukup mencolok yakni pembangunan jalur kereta gantung menghubungkan Telaga Sarangan dan Telaga Wahyu. Joko memperkirakan duit Rp 100 miliar tak akan cukup merealisasi rencana tersebut. Pasalnya, sesuai masterplan, kereta gantung Sarangan-Telaga Wahyu minimal butuh dua unit kereta. Hitung-hitungan pihaknya, anggaran bisa bengkak hingga Rp 200 miliar. ‘’Sudah masuk proposal,’’ ujarnya.

Pemkab juga berencana membuka ruas Selingkar Ngluweng pada 2022 mendatang. Tujuannya untuk memacu perekonomian warga seputar Plaosan. Selain itu, akan dibangun convention hall di lahan eks Rumah Makan (RM) Duta. Keberadaan pedagang yang selama ini semrawut juga akan difasilitasi di los dan gazebo khusus di sisi barat telaga. ‘’Total sekitar 300 pedagang akan diakomodasi,’’ sebut Joko. (fat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button