Madiun

KAJI MBING: Ingat Amerika Serikat, Ingat Kampung Pesilat

SEKITAR dua pekan sudah Bupati Madiun Ahmad Dawami di Amerika Serikat (AS) mengikuti International Visitor Leadership Program (IVLP) 2020. Selama itu, bukan hanya tata kelola pemerintahan yang dipelajari. Melainkan juga mengamati kondisi dan suasana lingkungan Negeri Paman Sam. ‘’Di sini damai dan aman,’’ kata Kaji Mbing, sapaan Ahmad Dawami.

Kaji Mbing merasakan langsung kondusivitas itu. Kesan damai dan aman dirasakan ketika menyinggahi sejumlah daerah. ’’Meskipun budaya dan sistem pemerintahan berbeda, masyarakatnya tetap mengharapkan kedamaian dan keamanan di kehidupan sehari-hari,’’ ujarnya.

Bupati menilai rasa aman itu tidak serta merta menghampiri. Diperlukan sebuah upaya yang tersistem dan berkesinambungan. Pemerintah dan masyarakat harus jalan bersama. Terlepas adanya pergantian kepemimpinan yang notabene menjadi sesuatu hal yang tidak bisa ditawar. ‘’Harus kontinu, tidak boleh berhenti. Karena potensi konflik bersifat dinamis,’’ tuturnya.

Pengalaman merasakan kondusivitas di AS mengingatkan Kaji Mbing terhadap Kampung Pesilat. Menurut dia, masyarakat Indonesia, khususnya Jawa yang lekat dengan tata krama, punya modal lebih menciptakan kedamaian dan keamanan. Perbedaan tidak bisa ditolak, tapi harus tetap dihargai. Merajut kerukunan, menebar kedamaian, seperti tujuan Kampung Pesilat. ‘’Dalam perbedaan pasti ada kesamaan yang dapat mengikat hingga menjadi suatu kebersamaan,’’ tandasnya. (humas/den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close