Ngawi

Kadipaten Gendingan Tak Tersentuh Perawatan

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Kadipaten Gendingan ikut mewarnai perjalanan pemerintahan Kabupaten Ngawi di masa lampau. Bukti sejarah kadipaten itu bisa ditemukan di Desa Gendingan, Widodaren. Sayangnya, situs tersebut kondisinya memprihatinkan. ‘’Selama ini tidak pernah dirawat,’’ kata Suryono, juru situs Kadipaten Gendingan, Senin (3/8).

Dia menyayangkan situs bersejarah tersebut tidak mendapat perhatian. Padahal, setidaknya merupakan bukti sejarah yang dapat menjadi bahan pembelajaran bagi generasi sekarang terkait asal muasal Kadipaten Gendingan. ‘’Apalagi, tidak semua wilayah ada peninggalan sejarah seperti ini,’’ ujarnya.

Suryono menjelaskan, Kadipaten Gendingan dulunya merupakan wilayah yang terpisah dari pemerintahan Kabupaten Ngawi. Pemimpin pertama wilayah itu adalah Ki Ageng Jogorogo. Kemudian, digantikan oleh Adipati Kertonegoro yang belakangan dikenal sebagai tokoh kesohor di Ngawi berkat perjuangannya melawan VOC. ‘’Wafat setelah melakukan pengasingan diri dari perang melawan Belanda dan dimakamkan di Kecamatan Sine,’’ ungkapnya. (mg1/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close