Ponorogo

Kades Pelopor Pencegahan DBD, Ipong Janjikan Award untuk Desa Nihil

‘’Sudah kami imbau ke desa-desa, akan ada reward bagi yang tidak terkena DBD.’’ Ipong Muchlissoni, Bupati Ponorogo

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Memasuki musim penghujan, warga Ponorogo wajib mewaspadai ancaman demam berdarah dengue (DBD). Apalagi, sejumlah warga di Cekok, Babadan, sudah terdeteksi positif mengidap DBD.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni tak ingin kejadian luar biasa (KLB) DBD 2019 terulang. Tahun ini dia menjanjikan hadiah bagi desa nihil DBD. ‘’Sudah kami imbau ke desa-desa, akan ada reward bagi yang tidak terkena DBD,’’ kata Ipong Rabu (8/1).

Tahun 2019, penderita DBD di Bumi Reyog mencapai 791 orang. Tersebar di belasan kecamatan. Awal tahun ini, nyamuk Aedes aegypti sudah menyerang tiga warga Cekok. ‘’Perlu diantisipasi. Untuk mencegah, yang paling utama oleh masyarakat,’’ ujarnya.

Menurut Ipong, persepsi sebagian masyarakat masih keliru terhadap pencegahan DBD. Fogging atau pengasapan bukan solusi. Sebaliknya, perlu peran aktif masyarakat untuk menggalakkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). ‘’Karena nyamuk itu ada di lingkungan yang banyak genangan air,’’ bebernya.

Sejak November lalu, Ipong aktif menginstruksikan para camat dan kepala desa untuk menggalakkan PSN. Melalui kerja bakti dan gotong royong membersihkan lingkungan masing-masing. Pun perlu kembali menggalakkan Jumat bersih. Tujuannya, meminimalkan genangan yang jadi tempat favorit Aedes aegypti meninggalkan jentik. ‘’Fogging itu upaya terakhir. Paling penting, semua yang berpotensi jadi genangan harus dibersihkan, ditutup, dikeringkan,’’ urai Ipong.

Ipong menambahkan, reward merupakan bagian dari apresiasi memerangi DBD. Pun tidak akan ada anggaran tambahan khusus untuk penanganan DBD. ‘’Kami minta di APBDes untuk meningkatkan kerja bakti dan sebagainya. Kepala desa harus jadi pelopor pencegahan DBD,’’ tegasnya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close