Ngawi

Kades Beran Definitif Tunggu Petunjuk Pemprov-Pusat

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Proses pengisian kepala Desa Beran, Ngawi, tidak semudah membalik telapak tangan. Menyusul kesepakatan pembatalan raperda peralihan status administratif desa itu menjadi kelurahan oleh pemkab dan DPRD dalam rapat paripurna akhir pekan lalu.

Dinas pemberdayaan masyarakat desa (DPMD) menunggu petunjuk Pemprov Jatim hingga pemerintah pusat untuk mendefinitifkan kepala desa (Kades) yang kini diisi penjabat (Pj) itu. ‘’Kami harus konsultasi dengan Biro Hukum Pemprov Jatim dan Kemendagri dulu,’’ kata Kepala DPMD Ngawi Kabul Tunggul Winarno, Selasa (20/7).

Kabul mengatakan, pihaknya perlu menyampaikan keputusan pembatalan raperda pemprov. Menyusul progres terakhir pembahasannya berada di daerah tingkat I itu. Di sisi lain, konsultasi tersebut agar langkah yang diambil tidak menyalahi peraturan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak.

Pasalnya, bila merunut jadwal, pesta demokrasi dengan pelaksana Desa Beran baru dapat digelar pada 2025–2026. ‘’Kami tidak ingin melanggar aturan main pilkades serentak hanya untuk mengisi satu Kades,’’ ujarnya. (sae/cor/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button