Magetan

JUT Rusak Parah Tak Tersentuh, Belum Masuk Skala Prioritas Pemdes

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Jalan usaha tani (JUT) yang menghubungkan Desa Jonggrang, Kecamatan Barat; dengan Desa Patihan dan Desa Maron, Karangrejo, rusak parah. Jalan yang pernah diaspal hampir 12 tahun itu hampir seluruh aspalnya mengelupas.

Selama ini, jalan itu mempunyai fungsi ganda. Di samping digunakan untuk aktivitas pertanian, juga dijadikan jalur alternatif warga dari arah Desa Jonggrang menuju Desa Maron dan menuju Jalan Raya Ngawi-Maospati. ‘’Tapi, kebanyakan memang dimanfaatkan oleh petani untuk ke sawah, karena memang di sebelah kanan-kiri jalan itu lahan garapan semua,’’ kata Saimun, salah seorang petani setempat, Kamis (25/7).

Diakuinya, kerusakan JUT sepanjang 1,5 kilometer itu telah banyak dikeluhkan masyarakat. Karena banyak lubang jalan yang menganga lebar. Bahkan, saat hujan deras, lubang itu digenangi air hingga membahayakan kendaraan yang lewat. ‘’Kalau kami berharap bisa segera diperbaiki,’’ ucap Saimun.

Sementara itu, Kepala Desa Patihan Daim Wartoyo tak menampik bahwa JUT butuh perbaikan. Hanya, karena jatah dana desa terbatas, tentu perbaikan disesuaikan dengan skala prioritas. ‘’Di sisi lain, para petani minta saluran irigasi di samping jalan itu diperbaiki terlebih dahulu supaya pengairan sawah bisa lancar,’’ ungkapnya. (fat/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close