News

Jumlah Provinsi Di Indonesia Pada Tahun 2004 Adalah

×

Jumlah Provinsi Di Indonesia Pada Tahun 2004 Adalah

Share this article

Jumlah Provinsi Di Indonesia Pada Tahun 2004 Adalah – Beberapa waktu lalu, Indonesia resmi memiliki 37 provinsi setelah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengesahkan tiga rancangan undang-undang terkait Daerah Otonomi Baru (RUU DOB) untuk Papua. Ketiga provinsi tersebut merupakan pemekaran dari Provinsi Papua yang dulunya merupakan provinsi induk. Dengan tambahan tersebut, Kalimantan Utara (Kaltara) bukan lagi provinsi termuda di Indonesia. Sebelumnya Kalimantan Utara merupakan provinsi baru dan saat itu jumlah provinsi di Indonesia bertambah menjadi 34.

Pada awal kemerdekaan tahun 1945, Indonesia hanya mempunyai 8 provinsi: Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Sunda Kecil, Maluku, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Karena roda waktu terus berubah, jumlah provinsi bertambah seiring bertambahnya jumlah penduduk dan pengetahuan.

Jumlah Provinsi Di Indonesia Pada Tahun 2004 Adalah

Perluasan pertama dilakukan pada tahun 1950, pada masa rezim Presiden Sukarno. Saat itu jumlah provinsi di Indonesia bertambah dari 8 menjadi 11 yaitu Sumatera Utara, Sumatera Tengah, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI. Yogyakarta, Kalimantan, Sunda Kecil (Kepulauan Nusa Tenggara), Sulawesi dan Maluku.

Menuju Pemilu Serentak Kepulauan Riau 2024

Kemudian pada tahun 1956 menjadi 15 (Sumatera Utara ditambah DI. Aceh dan Jawa Barat ditambah DKI Jakarta, Kalimantan menjadi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan), 18 pada tahun 1957 (Sumatera Tengah Sumatera Barat, Riau dan Jambi, Tengah berubah. Kalimantan bertambah. dari Kalimantan Selatan menjadi 20 pada tahun 1958 (Sunda Kecil dimekarkan menjadi tiga yaitu Bali, NTB dan NTT), kemudian jumlah provinsi bertambah lagi menjadi 21 pada tahun 1960 (Sulawesi menjadi Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan), menjadi 24 pada tahun 1964 (Utara Sulawesi hingga Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan hingga Sulawesi Tenggara mekar, Lampung hingga Sumsel mekar) hingga 25 tahun 1967 (Sumsel hingga Bengkulu mekar).

Baca Juga  Apabila Harga Naik Sedangkan Penghasilan Konsumen Tetap Maka Permintaan Akan

Pada tahun 1968 pemerintahan berubah dari orde lama ke orde baru di bawah pemerintahan Presiden Soeharto. Saat itu jumlah provinsi bertambah lagi menjadi 26 pada tahun 1968 (meluas dari Irian Maluku Barat), kemudian menjadi 27 pada tahun 1976. Provinsi terakhir yang mengalami pemekaran pada masa rezim Soeharto adalah Provinsi Nusa Tenggara Timur yang terbagi menjadi dua; Nusa Tenggara Timur dan Timor Timur.

Pada tahun 1999, pada masa pemerintahan Presiden Habibie, provinsi Timor Timur memisahkan diri dari Indonesia. Dengan demikian, jumlah provinsinya berkurang satu sehingga menjadi 26. Namun pada tahun yang sama, ada beberapa provinsi yang mengalami pemekaran sehingga menjadi 28 provinsi. Di provinsi Maluku dan Maluku Utara, serta provinsi Irian Jaya dimekarkan menjadi provinsi Papua dan Irian Jaya Barat.

Kemudian pada tahun 2000 pada masa pemerintahan Abdur Rahman Wahid jumlah provinsi bertambah menjadi 31, yaitu; Provinsi Sumatera Selatan dimekarkan menjadi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung. Sedangkan Jawa Barat berkembang menjadi 2 provinsi yaitu Jawa Barat dan Banten. Sedangkan Sulawesi Utara berkembang menjadi 2 provinsi yaitu Sulawesi Utara dan Gorontalo.

Pemekaran Daerah Di Indonesia

Kemudian pada tahun 2002, pada masa pemerintahan Presiden MW, jumlah provinsi di Indonesia bertambah menjadi 33. Provinsi yang dimekarkan adalah Provinsi Riau, Kepulauan Riau, dan Sulawesi Selatan menjadi Sulawesi Barat. Adapun pada pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sejak menjabat pada periode pertama 2004–2009 dan periode kedua 2009–2014, hanya melakukan pemekaran satu provinsi, yaitu Kalimantan Timur yang dimekarkan menjadi provinsi Kalimantan Utara. Provinsi ke-34 pada tahun 2012.

Terakhir pada masa pemerintahan Joko Widodo, Papua berkembang dan bertambah 3 provinsi baru yaitu Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Baca Juga  Kuat Lemahnya Bunyi Dibatasi Garis

Perkembangan jumlah provinsi di indonesia, berapa jumlah provinsi di indonesia, jumlah provinsi indonesia sekarang, berapa jumlah provinsi indonesia, jumlah provinsi di indonesia sekarang adalah, jumlah provinsi di indonesia sekarang, jumlah provinsi indonesia, jumlah provinsi di indonesia pada awal kemerdekaan, jumlah penduduk provinsi di indonesia, jumlah provinsi di indonesia terbaru, jumlah provinsi di papua, jumlah provinsi di indonesia