Ponorogo

Jumlah Pemohon SKCK Naik Berlipat, Mayoritas Calon Pelamar CPNS

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Dibukanya keran pendaftaran CPNS berdampak langsung pada kenaikan jumlah pemohon surat keterangan catatan kepolisian (SKCK). Catatan Polres Ponorogo, dalam dua pekan terakhir warga yang mengurus SKCK naik berlipat dibanding hari-hari biasa. ‘’Biasanya sehari hanya 30-40 berkas, sekarang sampai 170-an,’’ kata KBO Intelkam Polres Ponorogo Iptu Yoyok Wijanarko Rabu (13/11).

Kendati ada peningkatan jumlah pemohon, tidak ada tambahan jam pelayanan SKCK. Tetap dari pukul 08.00 sampai 15.00. Pihak polres hanya menambah kursi antrean di ruang tunggu serta dua tenda portabel di halaman ruang pelayanan. ‘’Juga kami pasang kipas angin dan sediakan air mineral,’’ imbuhnya.

Yoyok menyebut, sejauh ini tidak ada penambahan personel layanan SKCK. Dua petugas ditempatkan di bagian front office dan dua lainnya bekerja di balik layar memproses berkas. ‘’Persyaratan tetap. Untuk permohonan SKCK baru melampirkan KTP, KK, fotokopi akta kelahiran, dan foto. Kalau perpanjangan bawa SKCK lama dan foto,’’ urainya.

Dia menuturkan, kenaikan pemohon SKCK dimungkinkan terjadi lagi kelak pasca pengumuman peserta CPNS yang lolos seleksi. ‘’Dulu ada, sudah lolos dan baru mengurus. Akhirnya sore berkas kami minta untuk ditinggal, malamnya kami proses,’’ terangnya.

Puput Laili Indasari, warga Jalan Poncowolo, Patihan, mengaku datang ke Polres Ponorogo untuk memperpanjang SKCK. Dia mengurus persyaratan itu untuk melamar CPNS formasi pengelola keuangan pemkab setempat. ‘’Baru kali ini memperpanjang SKCK,’’ katanya. (dil/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button