NgawiPolitik

Jumirin Kirim Utusan ke KPU

Tanya Perpanjangan Pendaftaran Bacabup

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Ambisi Jumirin mencalonkan diri sebagai bupati Ngawi tampaknya belum habis. Kendati secara teknis peluangnya sudah tertutup. Sebab, kandidat lain yakni pasangan Ony Anwar-Dwi Rianto ’’Antok’’ Jatmiko berhasil menyapu bersih dukungan 45 kursi parpol di parlemen.

Minggu (6/9) KPU Ngawi didatangi seseorang yang mengaku petugas bagian administrasi pihak Jumirin. Sayangnya, yang bersangkutan enggan memberikan pernyataan dengan alasan hanya mendapat perintah untuk menanyakan beberapa hal kepada penyelenggara pemilu. Terutama yang berkaitan dengan proses pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada 2020.

Komisioner KPU Ngawi Aman Rido Hidayat mengatakan, salah satu yang ditanyakan utusan Jumirin itu adalah soal perpanjangan proses pendaftaran selama tiga hari. ‘’Kami berikan penjelasan sesuai mekanisme yang diatur dalam PKPU terkait,’’ kata Rido.

Rido menuturkan, KPU bakal menggelar rapat pleno usai proses pendaftaran paslon ditutup pukul 24.00 tadi malam. Jika sampai penutupan hanya satu paslon yang mendaftar, sesuai ketentuan pihaknya bakal memperpanjang masa pendaftaran selama tiga hari. ‘’Akan diperpanjang mulai tanggal 10 sampai 12 September nanti,’’ ujarnya.

Selain menanyakan soal informasi perpanjangan pendaftaran, Rido menyebut pihaknya juga ditanya soal kepastian paslon Ony-Antok diusung semua parpol di Ngawi. Termasuk kelengkapan surat dukungan atau BIKWK masing-masing partai pengusungnya. ‘’Kami jelaskan bahwa semua itu benar. Tapi, waktu kami balik bertanya apakah Jumirin akan mendaftarkan diri, yang bersangkutan mengaku belum tahu,’’ paparnya.

Rido menambahkan, utusan Jumirin yang datang ke kantornya kemarin sebelumnya pernah melakukan konsultasi ke KPU. Termasuk mengenai persyaratan pendaftaran paslon. ‘’Secara teknis sebenarnya sudah tidak ada kandidat lain yang bisa mendaftar. Begitu juga dengan calon perseorangan, karena prosesnya sudah final bulan Februari lalu,’’ pungkasnya. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close