News

Judul Lagu Jali Jali Diambil Dari Nama

×

Judul Lagu Jali Jali Diambil Dari Nama

Share this article

Judul Lagu Jali Jali Diambil Dari Nama – Saran Kalender Liturgi Mazmur Jemaat (PS) Edisi Baru dan BPI

“Ini Jilli Jilli, Lagunya Lucu, Lagunya Merdu Sekali……” Demikianlah lirik lagu daerah yang berasal dari ibu kota Indonesia (Jakarta). Lagu tersebut bisa dikatakan sangat populer karena sering dibawakan pada acara karnaval budaya Betawi, dan juga pernah dibawakan oleh artis Betawi di acara televisi.

Judul Lagu Jali Jali Diambil Dari Nama

Menariknya lagu ini karena lagu Jalli Jali terdiri dari pantun-pantun yang diselingi alunan musik Betawi yang merdu, yang tentunya bertujuan untuk menghibur hati yang sedang sakit.

Lagu ‘jali Jali’

Sejarah Lagu Jalli Jalli merupakan kisah sejarah Jalli Jalli Geet dan setiap baitnya mempunyai arti. Menurut cerita yang ada, lagu Jali-Jali diyakini merupakan lagu ciptaan etnis Tionghoa/Peranakan asal Jakarta yang dipadukan dengan musik Gambang Krumong.

Karena kuatnya lirik, gaya bahasa, budaya Betawi, dan khazanah alamnya, maka lagu tersebut ditetapkan sebagai lagu daerah Betawi (Jakarta).

Dalam catatan sejarah yang beredar di kalangan masyarakat, lagu Jilli Jilli merupakan lagu yang dipopulerkan pada tahun 1942 oleh pemimpin band Kiron Kong, M. Sagi.

Dalam perkembangannya pada tahun 1987, lagu Jali-Jali mendapat sentuhan adaptasi yang mencakup musik dengan alat musik asli Betawi seperti Gambang Krumong, Tanjidur, Sambra dan kemudian dinyanyikan dalam bentuk paduan suara.

Jali Jali » Budaya Indonesia

Penataan tersebut merupakan upaya pelestarian kesenian tradisional Betawi di bawah Dinas Kebudayaan DKI, antara lain Abdullah Ilyas, Swarsana, Tan De Seng, dan Duas yang dipentaskan di Taman Ismail Marzoki.

Lagu Jilli Jilli yang merupakan rangkaian pantun yang dipadukan dengan lirik dan musik bahagia tentu mempunyai makna.

Baca Juga  Pencipta Sepak Bola

Susunan puisi sangat terlihat, baris pertama dan kedua hanya sekedar sampiran dan baris ketiga dan keempat merupakan isi atau pesan sebenarnya.

Pesan atau cerita yang muncul pada baris ketiga dan keempat bait pertama sampai ketiga adalah cerita perjalanan.

Plbj Kelas 4 Bab 1

Bait pertama bercerita tentang sebuah perjuangan yang membuahkan sebuah pengorbanan, yang tidak menjadi masalah jika menyenangkan hati sang kekasih.

Pada bait kedua cerita berlanjut bahwa seorang lajang dan seorang gadis dengan status uniknya, masih mempunyai kebebasan untuk mengikuti jalan pilihannya, tidak ada yang melarangnya.

Pada bait ketiga sebagai klimaks cerita, terlepas dari semua kelakuan bujangan gadis itu secara diam-diam, terungkap bahwa mereka memiliki perasaan yang saling menguntungkan satu sama lain.

Selain pesan jelas yang terlihat pada isi (baris 3 dan 4), kata hubung pada baris pertama dan kedua setiap bait juga seolah memiliki cerita dan makna tersendiri:

Jelaskan Fungsi Tuts Hitam Dan Tuts Putih Pada Pianika 2 Sebutkan Dua Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam

Jilli Jilli merupakan tanaman kacang-kacangan yang merupakan tanaman yang mudah didapat dan mempunyai banyak kegunaan bagi masyarakat Betawi pada masa itu.

Tanaman ini aslinya berasal dari Asia Timur dan Malaysia namun kini tanaman ini telah menyebar ke berbagai penjuru dunia.

Menjadi hobi bagi putri remajanya, seperti Jilli Jilli sebagai tirai pintu kamar tidurnya. Sedangkan ulama Betawi menjadikannya tasbih untuk pengajian.

Jadilah bubur panas. Bubur buatan ibu-ibu Betawi ini dipercaya tinggi karbohidrat dan berkhasiat obat.

Soal Ats Plbj Kelas 4 Tahun 2023 2024

Karena adat istiadatnya yang rumit, masyarakat Betawi memanfaatkannya. Dengan demikian, kata “jali” masuk dalam leksikon Betawi dengan arti khusus “bening dan bersih”.

Baca Juga  Penjelasan Mengenai Tujuan Suatu Rancangan Biasanya Diterangkan Dalam

Buah mangga dengan bentuk tubuh bulat seperti kepiting digambarkan dalam lagu tersebut karena memang buahnya. Banyak dijumpai di pinggiran kota Jakarta dan Tangerang. Selain buah-buahan.

Kata “kurus” juga disebutkan dalam ghazal lainnya. Sekini adalah kota tua bersejarah di pusat kota Jakarta. Dahulu Cikini Betawi merupakan kawasan basis budaya dan pariwisata.

Di sana juga menjadi tempat bersantai menikmati kesejukan paru-paru kota, tempat bermain dan kini menjadi Taman Ismail Marzoki (TIM), pusat seni dan budaya.

Gambang Kromong Modern Naga Sari

Ada pula arena pacuan kuda “balap anjing” yang sudah tidak ada lagi dan dialihfungsikan menjadi kantor dan ruang kuliah mahasiswa fakultas film dan televisi IKJ.

Seperti panton pada umumnya, Jali Jali mempunyai lirik dan terbagi menjadi lirik sampiraan (baris ke-1 dan ke-2) serta lirik penyampai pesan (baris ke-3 dan ke-4), berikut lirik Jali lengkap. -jali lagu:

Lagu jalli jali ini memiliki nada yang mudah dan ringan sehingga banyak orang yang menyanyikannya jika dinyanyikan dengan kunci mayor D. Menjadi sedikit lebih cepat.

Kebijakan Komentar: Silakan tulis komentar Anda sesuai dengan judul postingan halaman ini. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan sampai disetujui.

Pengertian Birama: Jenis, Dan Alat Musik Yang Mengandalkannya

Lagu jali jali berasal dari, cari judul lagu dari suara, nama benua amerika diambil dari nama, mengetahui judul lagu dari suara, mencari judul lagu dari suara, lagu rohani yang diambil dari ayat alkitab, cari judul lagu dari video, mengetahui judul lagu dari video, mencari judul lagu dari video, mencari judul lagu dari nada, aplikasi judul lagu dari suara, nama alkitab diambil dari surah