Magetan

Joko Mengamuk Rusak Empat Rumah

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan -Empat rumah warga Desa Tamanarum, Parang, rusak akibat ulah Joko Waluyo. Penderita gangguan kejiwaan itu mengamuk melempari atap dan jendela rumah tetangganya dengan bebatuan, Sabtu (28/12). ”Polisi dipanggil karena dia bawa golok mengancam warga,” kata Roni, pemilik rumah yang dirusak.

Upaya mengendalikan amarah Joko tidak mudah. Senjata tajam yang dibawa bisa melukai petugas dan warga. Puluhan petugas berjaga di sekitar rumah Joko yang ditinggali bersama ibu dan adiknya. Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) itu baru bisa diamankan lewat pengalihan. Beberapa petugas mengajak berkomunikasi agar membuatnya lengah. Sedangkan petugas lainnya melakukan penyergapan dari belakang. ”Ya, harus berhati-hati,” ujarnya.

Roni menerangkan, muncul tanda-tanda Joko mengidap gangguan jiwa 10 tahun lalu setelah berpisah dengan istri dan anaknya. Keluarga mantan istri juga tidak memperlakukannya dengan baik. Sejak itu Joko lebih banyak diam di rumah. ”Kalau kambuh biasanya teriak-teriak. Baru kali ini sampai merusak rumah dan membawa sajam,” ungkapnya.

Kasat Reskrim Polres Magetan AKP Sukatni mengatakan, selama ini Joko belum pernah dibawa ke rumah sakit atau tempat lainnya. ”Kalau pengamanan ini agar tidak membahayakan warga,” ujarnya. (fat/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close