AdvertorialMadiun

JKN-KIS Bantu Kelahiran Buah Hati

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Kelahiran sang buah hati menjadi hal yang sangat dinantikan oleh Prastyo Irianto kala mendampingi istrinya menunggu masa-masa persalinan. Sang istri, Meri Wandansari telah memasuki waktu di mana usia kandungannya telah mendekati hari perkiraan lahir. Tyo, sapaan akrabnya tidak sabar segera melihat kelahiran buah hatinya. Tapi dia cemas Meri harus menjalani proses persalinan secara bedah caesar. “Saat itu kondisi istri saya sudah pecah ketuban, akan tetapi pembukaannya tidak bertambah,” ujar Tyo.

Istrinya mau tidak mau harus menjalani persalinan dengan caesar demi keselamatan istri dan anaknya. Akhirnya bayi berjenis kelamin perempuan tersebut lahir dengan sehat dan selamat. Begitu pula dengan keadaan sang istri. “Saya beserta istri sangat bersyukur atas kelancaran proses persalinan anak kami. Dan hal lain yang saya sangat syukuri adalah semua biaya ditanggung oleh BPJS Kesehatan,” paparnya.

Tyo beserta istri merupakan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang berasal dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau lebih kita kenal sebagai peserta mandiri. Awalnya pemuda berusia 32 tahun tersebut merasa khawatir. Terlebih cerita-cerita seperti diskriminasi pelayanan antara pasien umum dengan peserta JKN-KIS pernah didengarnya. Bahkan juga pengurusan administrasi yang susah. Ternyata kenyataannya berbeda. Setelah merasakan sendiri bagaimana memanfaatkan Program JKN-KIS, dirinya secara tegas menepis cerita-cerita tersebut. “Setelah saya terdaftar sebagai peserta, sama sekali tidak ada yang saya rasakan cerita-cerita miring itu,” tegasnya.

Tyo justru merasakan bahwa pelayanan di rumah sakit yang dilihat dan dirasakannya sangat baik. Terlebih kepengurusan administrasi sebagai pasien pengguna Program JKN-KIS juga tidak ribet seperti yang orang-orang katakan. Dia pun berharap BPJS Kesehatan sebagai badan yang menyelenggarakan program jaminan kesehatan dapat mempertahankan pelayanan yang selama ini sudah baik untuk ke depannya. Pun lebih meningkatkan lagi hal-hal yang masih kurang sehingga peserta JKN-KIS akan senantiasa mendapatkan kepuasan dalam memanfaatkan layanan Program JKN-KIS. “Artikel ini juga tayang di www.jamkesnews.com dengan judul “Menanti kelahiran buah hati bersama JKN-KIS” (afi/odi/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close