Pacitan

Jika Terbukti Selewengkan Anggaran Bencana Korona, Terancam Hukuman Mati

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Kejaksaan negeri (kejari) memberi atensi khusus pada penggunaan anggaran penanganan pandemi korona di Pacitan. Korps Adhyaksa bakal menindak tegas jika ada pihak yang memainkannya. Ancamannya pun hukuman mati. ‘’Kami mengawal langsung, baik diminta atau tidak. Karena sudah jadi tupoksi dalam pengawasan keuangan negara,’’ kata Kasi Intel Kejari Pacitan Mirzantio Erdinanda Senin (20/4).

Menurut Tyo, sapaan akrabnya, ada beberapa aspek penggunaan anggaran yang rawan diselewengkan. Seperti, pencegahan dan penanggulangan bencana, jaring pengaman sosial masyarakat, hingga program pemberdayaan ekonomi masyarakat. ‘’Ketiganya sama berpotensi dan sama rawannya, jadi tidak bisa diabaikan,’’ ujarnya.

Pencegahan dan penanggulangan bencana, berpotensi dimainkan dalam pengadaan barang dan jasa. Bisa di-mark up hingga kongkalikong dengan penjual. Program jaring pengamanan sosial paling rawan adalah kesengajaan melakukan salah sasaran kriteria penerima bantuan, sehingga menguntungkan pihak tertentu. ‘’Karena kriterianya berbeda-beda di masing-masing sektor,’’ jelasnya.

Sesuai undang-undang tindak pidana korupsi (tipikor), penyelewengan dana kebencanaan ancaman hukuman maksimalnya mati. Sehingga, pihaknya berharap para petugas tidak bermain-main anggaran seperti motivasi personal dan finansial. Sebab, anggaran tersebut dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat luas imbas pandemi korona. ‘’Kami nggak main-main,’’ tegas Tyo.

Sebelumnya, Bupati Pacitan Indartato juga telah menegaskan jajarannya untuk tidak bermain-main dalam penggunaan anggaran bencana tersebut. Pun minta laporan apa adanya. Terlebih anggaran hasil refocusing dan realokasi beberapa program yang semestinya direalisasikan tahun ini tersebut tembus Rp 25 milliar. (gen/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close