Magetan

Jepang Bangun Polindes di Tegalarum

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Tegalarum, Bendo, Magetan, salah satu desa di Jawa Timur yang beruntung. Desa yang dipimpin Sukatno ini mendapat hibah bidang kesehatan dari Pemerintah Jepang.

Bantuan senilai Rp 1,72 miliar itu untuk membangun pondok bersalin desa (polindes) lengkap peralatan kesehatannya. Hibah itu program grassroots untuk keamanan manusia oleh pemerintah Negeri Sakura yang difasilitasi lembaga Jalin Nusa Institude. ‘’Diresmikan Rabu lalu (20/1). Semuanya sudah klir dan siap pakai,’’ kata Bupati Magetan Suprawoto.

Polindes dibangun di lahan bengkok seluas sekitar 126 meter persegi. Pembangunan dimulai 2019 dan selesai tahun lalu. Fasilitas di layanan kesehatan itu di antaranya ruang bersalin, nifas, tunggu dan periksa, serta tempat tinggal bidan desa.

Alat kesehatannya terbilang lengkap. Antara lain, alat pemeriksaan dan perawatan bayi, ranjang periksa dan ginekolog, tabung oksigen, serta kursi roda. ‘’Serah terima bantuan dilaksanakan oleh Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya dengan Pemkab Magetan secara virtual,’’ ujar Kang Woto, sapaan akrab bupati. (fat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button